Rabu 06 Dec 2017 17:47 WIB

Jalani Laga Hidup Mati, Klopp Minta Liverpool tak Lengah

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Juergen Klopp
Foto: EPA-EFE/RAUL CARO
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID,  LIVERPOOL -- Usai mencatatkan kemenangan besar pada lanjutan Liga Primer Inggris akhir pekan kemarin, kini Liverpool harus segera mengalihkan fokus pada partai pamungkas Grup E Liga Champions melawan Spartak Moskow di Anfield Stadium, Kamis (7/12) dinihari nanti WIB.

Adapun bagi kedua tim, partai ini merupakan laga yang sangat krusial untuk menentukan siapa saja yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. The Reds untuk sementara duduk di posisi pertama dengan mengantongi sembilan poin unggul satu poin dari Sevilla, dan dua poin dari wakil Rusia (Spartak Moskow) di tempat ketiga. Alhasil, ketiganya masih mengantongi harapan untuk melangkah ke babak knock out.

Apabila dibandingkan dengan kedua tim lainnya, kesebelasan yang terletak di distrik pelabuhan Inggris itu memiliki kans lebih besar. Hasil imbang saat menjamu Spartak Moskow sudah cukup bagi para Liverpudlians melihat jagoannya bertahan di kompetisi elite Benua Biru.

Sementara apabila the Kop mampu memetik tiga poin otomatis akan lolos sebagai juara grup, tak peduli apapun hasil yang didapat Sevilla di kandang NK Maribor.

Menjelang duel tersebut pelatih Liverpool, Juergen Klopp merasa antusias. Dirinya berharap Roberto Firmino dan kolega berhasil mendapatkan hasil bagus.

"Kami tentu berada dalam kondisi bagus setelah apa yang kami terima pada akhir pekan kemarin. Saya harap kami bisa memastikan untuk melangkah ke babak selanjutnya karena kami memang pantas untuk hal itu," ucap Klopp sebagaimana dilansir laman resmi klub, Rabu (6/12).

Namun, Klopp meminta agar timnya selalu waspada dan tak mudah lengah meski mendapat keuntungan dengan bermain di kandang sendiri. Ia menjelaskan apabila sang lawan memiliki hasrat yang sama untuk bisa menggenggam tiket ke 16 besar. "Kami tahu ini tidak akan mudah, mereka (Spartak Moskow) bertekad membuat kami kesulitan. Jadi saya meminta agar kami fokus selama pertandingan berjalan," sambung pelatih asal Jerman.

Tak sampai disitu, Klopp juga dipaksa kembali memutar otak untuk masalah lini belakang mereka. Sebab beberapa pilar penting seperti Joe Gomez, Nathaniel Clyne, serta Joel Matip harus absen karena mengalami cedera. "Dia (Joel Matip) mengalami masalah pada ototnya. Saya tidak tahu berapa lama dia akan absen, tapi dia pasti tidak bermain pada laga nanti melawan Spartak," terang pelatih 50 tahun dlansir laman resmi klub.

Meski demikian, Klopp telah menemukan formula di sektor pertahanan. Hasilnya bisa dilihat pada laga melawan Brighton & Hove Albion kemarin. Empat bek sejajar dengan duet bek tengah Dejan Lovren serta Emre Can mampu menghadirkan tembok berlin bagi striker lawan. "Emre perlu melakukan itu (menjadi seorang pemain bertahan), seperti Gigi Wijnaldum yang bisa melakukannya. Mereka harus bisa karena kita tidak punya pemain lain lagi," sambung dia.

Untuk lini depan, Sadio Mane yang absen pada laga kemarin diprediksi akan turun bersama dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Philipp Coutinho juga kembali menjadi pemain penting di tubuh the Reds bersama sang kapten Jordan Henderson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement