Ahad 18 Feb 2018 23:15 WIB

Kalahkan SPAL, Napoli Geser Juventus di Puncak

Napoli mengantongi 66 poin, unggul satu angka di atas Nyonya Tua di peringkat kedua.

Rep: Anggoro Pramudya/Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Gelandang Napoli Allan (kiri) merayakan golnya ke gawang SPAL bersama Lorenzo Insigne.
Foto: EPA-EFE/CESARE ABBATE
Gelandang Napoli Allan (kiri) merayakan golnya ke gawang SPAL bersama Lorenzo Insigne.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI --  Napoli meraih kemenangan tipis 1-0 atas SPAL pada giornata ke-25 Serie A. Hasil di Stadion San Paulo, Ahad (18/2), cukup membuat tuan rumah kembali ke puncak klasemen Serie A menggeser Juventus.

Napoli mengantongi 66 poin, unggul satu angka di atas Nyonya Tua di peringkat kedua. Sedangkan bagi SPAL, ini merupakan kekalahan ketiga secara beruntun yang membuat posisi mereka terpaksa tertahan di urutan ke-17.

Jalannya pertandingan

Sejak pertandingan dimulai, skuat polesan Maurizio Sarri langsung tancap gas. Terbukti pada menit keenam armada Partenopei unggul cepat melalui tembakan kaki kanan Allan memanfaatkan umpan matang Jose Callejon.

Setelahnya pasukan Biru Langit enggan mengendurkan serangan. Pada menit ke-26, sepakan Dries Mertens melenceng tipis di sudut kanan gawang tim tamu.

Empat menit kemudian Mertens kembali beraksi. Tembakan penggawa tim nasional Belgia itu belum menemui sasaran. 

Jelang penghujung babak pertama kapten Napoli, Marek Hamsik melakukan tendangan keras ke gawang SPAL. Namun percobaan ini belum menjadi ancaman bagi tim tamu.

Pada sisa waktu, tak ada tambahan gol tercipta. Skor 1-0 untuk Napoli bertahan hingga jeda.

Memasuki interval kedua Napoli kembali mendominasi jalannya pertandingan. Tapi, SPAL yang menjadi bulan-bulanan I Partenopei tak ingin pulang dengan tangan hampa.

Pasukan Walter Mattioli mencoba peruntungan mereka melalui Jasmin Kurtic. Tembakan kaki kanannya pada menit ke-54 masih bisa diblok penjaga gawang Napoli, Pepe Reina.

Gol! Napoli sepertinya memperlebar skor melalui Marek Hamsik pada menit ke-64. Namun sayang, gol tersebut dianulir oleh wasit setelah sang kapten terperangkap offside lebih dulu. Hamsik pun mendapat kartu kuning akibat perayaan golnya yang berlebihan.

Pelatih Napoli Maurizio Sarri pun melakukan rotasi. Hamsik di tarik keluar dan digantikan dengan Piotr Zielinski. Diberi kepercayaan oleh sang pelatih langsung dibuktikan olehnya. Zielinski mencoba peruntungannya pada menit ke-73, tapi tembakannya dengan kaki kiri masih melebar dari sisi kanan gawang SPAL.

Hingga peluit panjang berbunyi tak ada gol tambahan bagi Napoli dan juga SPAL. Skor tetap bertahan 1-0 bagi keunggulan tuan rumah.

Kemenangan ini membuat  armada Ciucciarelli kembali menjadi capolista setelah beberapa jam sempat dilewati Juve. Nyonya Tua mendapatkan tiga angka berkat kemenangan atas Torino 1-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement