Rabu 18 Jul 2018 11:45 WIB

Percasi Akui Berita Samantha tidak Seheboh Zohri

Kristianus mengakui catur adalah olahraga unik yang tidak bisa dinikmati semua orang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Samantha Edithso
Foto: Percasi
Samantha Edithso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia masih dihebohkan dengan prestasi tingkat dunia yang ditorehkan Lalu Muhammad Zohri di cabang atletik U-20, Finlandia. Pengamat olahraga, pemerintah, dan swasta berlomba-lomba memberikan penghargaan dan hadiah besar kepada pelari asal Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persatuan Catur Seluruh Indonesi (Percasi) Kristianus Liem mengakui, respons publik terhadap kejuaraan dunia catur yang dimenangkan Samantha Edithso tidak terlalu ramai. Prestasi membanggakan yang dicatatkan Samantha, lanjut Kristianus, hanya diketahui oleh kalangan pencinta olahraga catur.

Baca Juga

Kristianus mengakui, catur adalah olahraga unik yang tidak bisa dinikmati semua orang. Orang yang tidak mengerti akan pusing melihat pertandingan catur.

Karena itulah, kata Kristianus, sponsor untuk atlet catur di Indonesia tidak terlalu banyak. Ia menambahkan, Samantha bisa berangkat bertanding ke Belarusia karena sponsor dari pihak internal. Yaitu, dari Dewan Penasihat PB Percasi Eka Putra Wirya. Kebetulan, Eka adalah pengusaha dan pemilik Ekatama Group.

"Berita tentang prestasi Samantha tidak seheboh Zohri. Sponsor kami juga sedikit. Catur bukan seperti sepak bola yang penontonnya banyak. Karena, tidak semua orang ngerti catur," kata Kristianus kepada Republika.co.id, Rabu (18/7).

Meski begitu, kata Kristianus, Percasi tetap optimistis dunia catur Indonesia akan terus berkembang. Percasi akan terus memantau bibit-bibit terbaik untuk terus dipoles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement