Jumat 21 Sep 2018 16:30 WIB

Alberto Gilardino Putuskan Gantung Sepatu

Ia termasuk 10 besar top skorer Serie A sepanjang masa.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Alberto Gilardino
Alberto Gilardino

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Penyerang veteran Italia Alberto Gilardino akhirnya memutuskan gantung sepatu, Ia mengakhiri kariernya yang sudah berlangsung selama 19 tahun.

Gilardino terakhir kali membela klub Serie B Spezia di musim 2017/2018. Setelah itu, ia tidak mendapatkan perpanjangan kontrak.

Musim ini, pemain berusia 36 tahun itu mendapatkan tawaran dari klub Serie C Piacenza. Klub tempat di mana Gilardino mengawali karier profesional pada 1999 lalu. Namun, Gilardino mantap untuk gantung sepatu tahun ini.

"Gilardino telah memutuskan pensiun sebagai pemain setelah 19 tahun menekuni karier sepak bola," tulis La Gazzetta Dello Sport, dikutip dari Football Italia, Jumat (21/9).

Gazzetta Dello Sport menyebutkan, mantan bintang AC Milan dan AC Parma itu akan ikut kursus untuk mendapatkan lisensi sebagai pelatih. Gilardino ingin menyusul rekan-rekannya seperti Gennaro Gattuso, Clerence Seedorf, dan Filippo Inzaghi yang sudah menekuni pekerjaan sebagai pelatih.

Gilardino termasuk salah satu pemain yang punya prestasi lengkap. Ia pernah memenangkan gelar Liga Champions bersama AC Milan dan menjuarai Piala Dunia 2006 untuk Italia. Selama kariernya, Gilardino telah memperlkuat 12 klub. Yakni Piacenza, Hellas Verona, AC Parma, AC Milan, Fiorentina, Genoa, Bologna, Guanzhou Evergrande, Palermo, Empoli, Pescara, dan Spezia.

Gilardino cukup subur. Total Gilardino telah mencetak 273 gol sepanjang kariernya. Di Serie A Italia, Gila mencetak 188 gol.

Gilardino termasuk 10 besar top skorer Serie A sepanjang masa. Jumlah golnya sama persis dengan torehan para lagenda, seperti Gabriel Batistuta, Alessandro Del Piero, dan Giuseppe Signori.

Gilardino memperkuat tim nasional Italia sebanyak 60 pertandingan sejak 2004. Pemain yang sering melakukan selebrasi dengan gaya bermain biola tersebut tercatat telah mencetak 19 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement