Kamis 15 Nov 2018 20:32 WIB

Benamkan Zverev, Djokovic Tatap Semifinal ATP 2018

Djokovic memenangi 33 dari 35 pertandingan terakhirnya.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Novak Djokovic
Foto: EPA/Mast Irham
Novak Djokovic

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Petenis asal Serbia Novak Djokovic berhasil meraih kemenangan ke-834 setelah menaklukkan petenis Jerman Alexandrer Zverev dalam pertandingan ATP Final yang berlangsung di Arena O2, London pada, Kamis (15/11). Nole, sapaan akrab Djokovic, menjadi petenis pertama yang mencapai semifinal ATP usai mengamankan skor 6-4, 6-1 dari lawannya.

Sejatinya, Zverev memberikan sedikit perlawanan di set pembuka pada pertandingan round robin tersebut. Namun, Djokovic tampil impresif dan begitu dominan.

Djokovic, yang akan mengakhiri tahun sebagai petenis peringkat satu dunia untuk kelima kalinya, hanya melepaskan tiga pukulan winner pada set pembukaan namun mengandalkan permainan middle gim untuk memenangi set pertama.

Zverev kemudian hancur berkeping-keping, kalah pada lima gim di set kedua. "Saya tidak berpikir apa pun selain kemenangan. Saya bermain bagus di pertengahan set kedua dan mulai menguasai bola," jelas Djokovic dikutip BBC, Kamis (15/11).

Meski begitu, petenis berusia 31 tahun itu menilai sang lawan kerap membuat kesalahan yang mampu dimanfaatkan dengan baik olehnya. "Kesalahanya membantu saya untuk menang," sambung dia.

Zverev, yang mencatatkan 55 kemenangan di tur pada tahun ini, bersaing ketat dengan Djokovic dari baseline dan terlihat memiliki kekuatan di baseline untuk membuat cemas sang lawan. Ia melepaskan 15 pukulan winner pada set pembukaan.

Penampilan Zverev terlihat merosot di set kedua dan meski sempat menggenggam serve pada kedudukan 1-1, ia tidak mampu memberikan perlawanan lagi ketika Djokovic memenangi lima gim beruntun.

Zverev menyebut padatnya jadwal kejuaraan tenis yang dilakukan tak menampik bila performanya menurun. "Masalahnya adalah musim kami terlalu lama. Kami bermain selama 11 bulan dalam setahun, dan itu sangat konyol. Tak ada olahraga profesional lain seperti ini," kata dia.

Adapun Djokovic memenangi 33 dari 35 pertandingan terakhirnya. Ia terlihat sangat berambisi mengincar gelar keenam ATP Finals.

Dengan dua kemenangan sejauh ini di Grup Gustavo Kuerten, Djokovic berpeluang melaju ke empat besar. Pertandingan terakhirnya ialah melawan Cilic pada Sabtu (17/11) dini hari WIB.

Berikut klasemen sementara ATP Final 2018 di Grup Gustavo Kuerten:

1. Novak Djokovic (Serbia): 2 pertandingan, 2 kemenangan, dan 0 kekalahan

2. Alexander Zverev (Jerman): 2 pertandingan, 1 kali menang, dan 1 kekalahan

3. Marin Cilic (Kroasia): 2 pertandingan, 1 kali menang, dan 1 kekalahan

4. John Isner (Amerika Serikat): 2 pertandingan, 0 kemenangan, dan 2 kekalahan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement