Kamis 30 May 2019 05:46 WIB

Fakta Menarik Usai Chelsea Juarai Liga Europa

Chelsea jadi tim pertama menangkan Liga Europa tanpa sekalipun kalah di kompetisi.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, bersama trofi usai memenangkan final Liga Europa melawan Arsenal, di Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5).
Foto: AP
Kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, bersama trofi usai memenangkan final Liga Europa melawan Arsenal, di Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Chelsea akhirnya menjuarai Liga Europa usai menghempaskan Arsenal di laga final, Kamis (30/5). The Blues menang 4-1 dengan gol yang dicetak oleh Oliver Giruod, Pedro dan dua gol dari Eden Hazard.

Sejumlah data dan fakta menarik pun terjadi usai pertandingan yang digelar di Baku, Ajerbaizan tersebut.

Baca Juga

Berikut data dan fakta Chelsea vs Arsenal, dikutip Sky Sports dari Opta Stats:

- Chelsea memenangkan lima gelar kompetisi Eropa kelimanya. Hanya Liverpool tim Inggris yang lebih banyak mengoleksi gelar Eropa dengan delapan kali menang di final.

- Untuk pertama kalinya, Arsenal kebobolan empat gol dalam pertandingan Eropa sejak Maret 2017 ketika dikalahkan Bayern Muenchen 1-5.

- Chelsea menjadi tim pertama yang memenangkan gelar bergengsi Eropa tanpa sekalipun kalah selama kompetisi, dengan menang 12 kali dan imbang 3 kali, sejak Manchester United ketika menjuarai Liga Champions pada musim 2007/2008.

- Arsenal telah kalah dalam lima pertandingan final kompetisi Eropa, termasuk dalam empat kali beruntun final mereka di Piala WInners 1995, Piala UEFA 2000, Liga Champions 2006 dan Liga Europa 2019.

- Oliver Giroud mencetak 11 gol di Liga Europa untuk Chelsea musim ini. Ia menjadi pemain pertama yang mencetak 11 gol dalam kompetisi kompetitif dari klub Inggris, sejak Alan Shearer yang mencetak 11 gol pada 2004/2005 untuk Newcastle United.

- Striker Chelsea, Pedro, menjadi pemain kelima yang mencetak gol pada final Liga Champions dan Piala Eropa, setelah Allan Simonsen, Dmitri Alenichev, Hernan Crespo dan Steven Gerard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement