Ahad 16 Jun 2019 14:30 WIB

Masuk Halaman Utama Koran Spanyol, Nadal tak Sempat Baca

Nadal mengaku harus berhati-hati pada setiap pertandingan agar tidak cedera.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Rafael Nadal
Foto: EPA-EFE/Lukas Coch
Rafael Nadal

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Rafael Nadal baru saja meraih gelar ke-12 Grand Slam Prancis Terbuka 2019. Di partai final, petenis yang berjuluk Si Raja Tanah Liat itu mengalahkan pemain asal Austria, Dominic Thiem.

Laga tersebut merupakan ulangan final Prancis Terbuka 2018 yang juga dimenangkan Nadal. Dalam sebuah wawancara dengan EFE pasca-kemenangan di Roland Garros, Nadal ditanya apakah membaca sebuah koran di Spanyol yang menempatkan dirinya di halaman depan.

Nadal mengaku belum melihat berita apa pun tentang dirinya yang menjadi halaman utama di koran Spanyol. “Saya tidak punya waktu,” kata Nadal dikutip dari tennisworldusa, Ahad (16/6).

Kendati demikian, petenis 33 tahun itu mengaku masih biasa membaca berita dan banyak hal yang dilihatnya tentang dirinya. Namun ia tak banyak membaca tentang apa yang diceritakan media tentang dirinya.

Nadal mempunyai kebiasaan membaca berita utama dan beberapa artikel khusus. Itu dilakukan Nadal ketika situasinya sedang baik atau buruk.

Nadal juga mengatakan, selalu puas dengan apa yang dilakukannya. Bahkan ia mengklaim kepuasaan tersebut terkadang melebihi dari apa yang diceritakan dalam berita. “Pengakuan itu adalah salah satu hal terindah yang bisa Anda miliki. Saya harus berterima kasih atas dukungan yang diberikan media kepada saya, mereka selalu bersikap baik kepada saya," ujarnya.

Nadal mengakui usianya yang tak lagi muda sehingga performanya tak seperti saat usianya masih 19 atau 20 tahun. Ia harus berhati-hati pada setiap pertandingan agar tidak cedera. Sebab, cedera pada usia tua membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkannya.

Nadal pun mengungkapkan, dirinya selalu menghormati setiap masukan yang diberikan kepadanya. Sebab ia meyakini sikap rendah hati adalah satu-satunya cara meraih kesuksesan, termasuk memenangkan gelar juara Prancis Terbuka sebanyak 12 kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement