Jumat 21 Jun 2019 23:17 WIB

Demi Piala Dunia, Timnas Indonesia Dipoles Pelatih Serbia

Indonesia harus mengejar ketertinggalan dari negara negara peserta FIBA World Cup.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi Bola Basket
Ilustrasi Bola Basket

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2023 bola basket bersama Jepang dan Filipina. Namun, Indonesia tidak serta-merta dapat tampil sebagai peserta.

FIBA mensyaratkan timnas putra Indonesia harus mengejar ketertinggalan dari negara negara peserta FIBA World Cup. FIBA bersama PERBASI sudah membuat “action plan” agar perkembangan timnas indonesia signifikan di tahun 2021 sehingga bisa dinilai mumpuni bersaing pada FIBA World Cup 2023 nanti.

“Salah satu cara adalah mengusulkan pelatih berkualitas internasional untuk meningkatkan level tim nasional bola basket putra Indonesia,“ kata Sekjen PP Perbasi sekaligus penanggung jawab action plan 2021, Budisatrio Djiwandono, Jumat (21/6). “Kami mendapat usulan kandidat pelatih asal Serbia, Coach Rajko Toroman untuk menangani timnas putra Indonesia,“

Toroman bukan pelatih sembarangan. Ia pernah menjadia asisten pelatih timnas Yugoslovia serta Head Coach timmnas U-22 Yugoslovia. Toroman juga sudah melanglang buana menangani tim Eropa dan Asia termasuk timnas Iran, Filipina, dan Yordania.

Bersama Toroman, timnas Iran berlaga di Olimpiade Beijing 2008 dan mengantar Filipina menjadi semifinalis FIBA Asia 2011. Pelatih yang pernah terlibat dalam NBA Summer ini juga membawa klub Al Manama menjadi juara Liga Bahrain.

Erick Thohir, anggota FIBA Central Board yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mendukung usaha percepatan peningkatan prestasi tersebut. “Perubahan demi perbaikan dan peningkatan prestasi salah satunya adalah dengan menggunakan pelatih asing berprestasi,” kata dia.

Erick berjanji akan memberikan dukungan kepada tim Merah Putih dalam berjuang di Kualifikasi FIBA Asia 2021.

“Untuk memperkuat dukungan, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim nasional bola basket Indonesia,” jelas Erick. "Selain untuk SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina, pada bulan Desember mendatang, ada pula kualifikasi FIBA Asia 2021 yang bisa menjadi ajang pemanasan bagi Indonesia sebagai tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement