Senin 16 Sep 2019 11:17 WIB

ATP Cup, Djokovic Main di Brisbane, Nadal di Perth

Kejuaraan itu digelar sesudah Piala Davis diubah formatnya.

Novak Djokovic vs Rafael Nadal
Foto: nowpublic.com
Novak Djokovic vs Rafael Nadal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic akan mengawali musim kompetisi 2020 di Brisbane, Australia. Sedangkan, Rafael Nadal di Perth dan Roger Federer di Sydney. Ini setelah pengundian untuk ATP Cup, event tenis beregu dunia yang baru, Senin (16/9).

Kejuaraan tersebut, yang akan dilaksakan 3-12 Januari 2020 menjelang grand slam pertama Australia Open di Melbourne, akan diikuti 24 negara. Peserta terbagi dalam enam grup di Sydney, Brisbane, dan Perth.

Delapan tim, dengan masing-masing pemain hingga lima orang, akan dihasilkan dari babak round-robin untuk bertanding pada fase sistem gugur di Sydney hingga tersisa satu. Sebagian besar dari 30 petenis putra peringkat teratas akan ambil bagian, dengan bentuk pertandingan terdiri atas dua tunggal dan satu ganda.

Pada pengundian di Sydney, tim Djokovic dari Serbia, akan beradu dengan Prancis, Afrika Selatan, Jerman, Yunani, Kanada, dan Australia yang mendapat wildcard, di Brisbane.

Tim Nadal dari Spanyol akan menghadapi Jepang, Georgia, Rusia, Italia, dan Amerika Serikat di Perth. Sementara tim Federer asal Swiss bertemu Belgia, Austria, Kroasia, Argentina, dan Inggris yang dipimpin Andy Murray.

Lima negara terakhir dalam klasemen ATP Cup, berdasarkan peringkat dari pemain tunggal nomor satu, akan ditentukan pada tenggat entri kedua pada 13 November.

Turnamen baru yang mengawali tahun depan itu menawarkan hadiah uang 22 juta dolar Australia (15 juta dolar AS) dan maksimal 750 poin ranking ATP untuk tunggal dan 250 untuk ganda.

Kejuaraan itu digelar sesudah Davis Cup (Piala Davis) diubah dan diselenggarakan oleh Federasi Tenis Internasional pada November, dengan mengumpulkan 18 negara dalam satu tempat selama sepekan pada akhir musim kompetisi 2019.

Berikut ini hasil pengundian ATP Cup seperti disiarkan AFP:

Grup A (Brisbane) - Serbia, Prancis, Afrika Selatan +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup B (Perth) - Spanyol, Jepang, Georgia +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup C (Sydney) - Swiss, Belgia, Inggris +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup D (Perth) - Russia, Italia, AS +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup E (Sydney) Austria, Kroasia, Argentina +1 (akan diumumkan kemudian).

Grup F (Brisbane) - Jerman, Yunani, Kanada, Australia

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement