Senin 23 Sep 2019 16:06 WIB

Wilfried Tsonga Cetak Rekor di Metz

Tsonga menjadi petenis Prancis kesembilan yang menjadi juara dalam 11 edisi terakhir.

Jo-Wilfried Tsonga
Foto: AP/The Canadian Press, Paul Chiasson
Jo-Wilfried Tsonga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jo-Wilfried Tsonga membuat sejarah dengan menjadi petenis putra pertama yang memenangkan empat gelar pada Moselle Open di Metz, Prancis, Ahad (22/9), setelah mengalahkan Aljaz Bedene 6-7(4), 7-6(4), 6-3. Petenis Prancis berusia 34 tahun itu meningkatkan rekornya menjadi 4-1 pada final turnamen ATP 250 tersebut setelah meraih kemenangan dalam dua jam dan 47 menit.

Tsonga menjadi petenis Prancis kesembilan yang menjadi juara dalam 11 edisi terakhir turnamen tersebut. Sejak gelar yang diraih Gael Monfils pada 2009, hanya David Goffin (2014) dan Peter Gojowczyk (2017), petenis dari luar Prancis yang menjadi juara di Metz.

"Secara mental, saya sangat kuat. Saya melakukan servis dengan sangat baik ketika saya memerlukannya," kata Tsonga dikutip dari laman ATP Tour, Senin (23/9). "Pertandingannya sama sekali tidak mudah. Aljaz adalah pemain yang sangat baik dan ini pertandingan yang lama, saya sudah pasti gembira menang di sini lagi."

Tsonga sekarang sudah memenangi 10 dari 18 trofi ATP Tour-nya di negara sendiri. Juara empat kali di Metz itu juga memiliki tiga mahkota Marseille (2009, 2013, 2017), bersama gelar individual di Rolex Paris Masters 2008, Open Parc Auvergne-Rhone-Alpes Lyon 2017, dan Open Sud de France tahun ini.

Kemenangan tersebut terjadi satu tahun setelah Tsonga kembali ke ATP Tour di Metz, menyusul absen tujuh bulan karena operasi lutut kiri. "Ini pertandingan yang sangat sulit. Saya tetap tenang, fokus melakukan yang dasar dengan baik dan menunggu momen yang tepat untuk mengubah reli,” kata Tsonga.

Bedene sedang mengejar trofi level tur pertamanya dalam pertandingan final keempatnya. Petenis Slovenia itu mengalahkan dua lawan unggulan, Gilles Simon dan Benoit Paire, untuk mencapai final pertamanya sejak Argentina Open Februari lalu. "Saya kecewa. Saya ingin menang, tetapi saya sangat gembira dengan perjalanan pekan ini.”

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement