Sabtu 21 Dec 2019 14:26 WIB

Museum Maradona Dibangun di Italia

Di museum, terdapat berbagai jejak bersejarah yang ditinggalkan Maradona.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto
Diego Maradona
Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi
Diego Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Ada anggapan bahwa Diego Maradona merupakan pesepak bola terbaik dunia di abad ke-20. Sebagian lain menganggap Maradona pesepak bola curang. Tapi di Napoli, Italia, Maradona tetaplah seorang pahlawan.

Dilansir dari France 24, Jumat (20/18), seperti halnya orang suci yang punya altar, Maradona pun punya museum sendiri di Napoli. Di sana terdapat berbagai jejak bersejarah yang ditinggalkan Maradona. Termasuk sepatu yang dipakai Maradona saat mencetak dua gol di semifinal Piala Dunia 1986 melawan Belgia

Selain itu, dokumen kontrak pertama sang legenda asal Argentina saat bermain di klub Napoli pun dihadirkan. Berikut sofa yang digunakan Maradona saat tinggal di Napoli.

Maradona tiba di Napoli sebagai pemain yang memecahkan rekor transfer tahun 1984 di angka 10,48 juta pounds dari Barcelona. Kepindahan Maradona karena kesulitan berkembang di Barcelona. Kariernya di Napoli justru melonjak. Trofi Coppa Italia, Piala EUFA, dan Piala Super Italia dipeluk Maradona selama tujuh tahun di sana.

Prestasi Napoli saat dibela Maradona sangat menawan. Hingga saat ini, Napoli belum pernah meraih prestasi seperti saat itu. Alhasil, sudah sepantasnya Napoli mendirikan museum bagi sang legenda.

Museum Maradona tergolong unik karena termasuk permata tersembunyi. Lokasi museum itu tak muncul di peta Kota Napoli. Pengunjung harus banyak bertanya jika ingin menemukannya. Tenang saja, pengunjung tak dikenakan biaya untuk masuk ke sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement