Selasa 07 Jan 2020 19:34 WIB

Pensiun, Daniele de Rossi Fokus Jadi Pelatih

De Rossi mengaku, karena alasan keluarganya dia memutuskan pensiun,

Daniele De Rossi saat berseragam AS Roma
Foto: AP Photo/Luis Vieira
Daniele De Rossi saat berseragam AS Roma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menyebut AS Roma, akan teringat dua figur penting. Sudah pasti nama il Capitano, Franacesco Totti. Kedua, nama Daniele de Rossi sangat layak disebut. Kedua pemain ini yang paling lama dan setia membela Roma. 

Totti sudah lebih dulu pensiun. Kini giliran deputinya, De Rossi yang memutuskan pensiun.  Awal Januari 2020 atau enam bulan setelah bersama Boca Juniors, De Rossi mengumumkam pensiun. 

De Rossi mengaku, karena alasan keluarganya dia memutuskan pensiun, "Saya harus bersama keluarga saya. Di usia 36 tahun, ini adalah hal-hal yang masuk dalam pertimbangan pengambilan keputusan, dan saya harus pulang," kata De Rossi dilansir Football Tribe, Selasa (7/1).

Sepanjang karirnya, gelandang yang terkenal dengan tackling kerasnya ini, hanya membela Roma dan Boca Juniors. Ia membela il Lupi sejak 2001 hingga 2019 dengan catatan 616 pertandingan dilakoninya berseragam Roma.

"Saya tidak membuat keputusan (pensiun) dari hari ke hari. Saya mulai memikirkannya pada bulan Oktober atau November. Saya cukup beruntung bisa bermain melawan para pemain terbaik di dunia, dan membela dua klub besar, AS Roma yang merupakan segalanya bagi saya, dan Boca Junior," sambung De Rossi.

Selama kariernya bersama i Giallorossi, De Rossi hanya memenangu dua titel Coppa Italia dan satu Super Italia. Namun, ia jadi bagian penting timnas Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006.

De Rossi pun menjelaskan apabila rencananya ke depan adalah menjadi seorang pelatih. Meski, mengaku saat ini fokusnya adalah kembali bersama dengan keluarga.

"Tidak mudah meninggalkan sepak bola. Sering kali, saya berpikir untuk terus bermain. Keinginan saya adalah menjadi pelatih, Saya akan menghubungi beberapa pelatih, bertemu mereka, bertanya kepada mereka tentang hal itu. Jika saya tidak menjadi pelatih, saya akan menjadi eksekutif. Saya pasti akan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan sepak bola,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement