Senin 20 Jan 2020 16:48 WIB

Timnas U-19 Bakal Lakoni Enam Laga Uji Coba di Thailand

Sebanyak 28 pemain timnas U-19 akan melakukan TC mulai 21 Januari hingga 2 Februari.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain Timnas Usia 19 bersiap meninggalkan Tanah Air untuk berlatih ke Thailand dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/1/2020).
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Para pemain Timnas Usia 19 bersiap meninggalkan Tanah Air untuk berlatih ke Thailand dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-19 Nova Arianto menjabarkan rancangan program pemusatan latihan (TC) di Thailand. Sebanyak 28 pemain timnas U-19 akan melakukan TC mulai 21 Januari hingga 2 Februari 2020. Seluruh perangkat pemain dan pelatih telah bertolak ke Thailand dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Senin (20/1) siang WIB.

Nova mengatakan, nantinya timnas U-19 tidak hanya melakukan latihan. Amiruddin Bagas Kaffa dan kolega akan melakukan serangkaian uji coba di Negeri Gajah Putih. "Program di Thailand kita akan banyak uji coba di sana, karena coach Shin Tae-yong ingin melihat kemampuan pemain dan kita juga bisa melihat apa kekurangan dan kelebihan dari tim ini," kata Nova saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (20/1).

Baca Juga

Setidaknya ada enam kali laga uji coba yang akan dihadapi oleh Garuda Muda. Kendati demikian, Nova belum bisa menyebutkan nama-nama tim yang akam dihadapi Amiruddin Bagas Kaffa dkk. "Nama-namanya belum ada, tapi rata-rata (tim) dari Korea Selatan," ujar dia.

Sebelumnya, jajaran pelatih timnas telah melakukan seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang selama lima hari. Dari 59 pemain hanya 28 yang terpilih. Nova menilai, dibandingkan dengan pertemuan pertama, para pemain sudah mengalami banyak kemajuan.

"Kalau dilihat dari pertama kali bergabung saya lihat cukup jauh membaik ya. Mungkin itu jadi parameter juga untuk coach Shin menunjuk 28 pemain," jelas Nova.

Selain itu, dia memastikan tidak ada pembeda antara pemain lama atau pemain baru. Tim pelatih akan melihat kemampuan seluruh pemain dari nol. Semuanya harus menjalani dan mengikuti program yang sama. Menurutnya, pemain baru harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan kemampuannya.

"Saya sudah pernah bilang kepada pemain kalau situasi sekarang diibaratkan seperti lomba lari, kita mulai dari nol semua. Tidak ada pemain yang bekas AFC, semua baru. Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh pemain baru jika memang mereka ingin menjadi pemain timnas indonesia," jelasnya.

Keberangkatan timnas U-19 dari Bandara Soekarno-Hatta juga dilepas oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement