Jumat 07 Feb 2020 20:23 WIB

Kala Kiprah Buruk Barca-Madrid di Copa del Rey Terulang

Madrid dan Barca pernah tersingkir di Copa del Rey pada hari yang sama pada 1955.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Real Madrid dan Barcelona.
Foto: canalfutbol
Real Madrid dan Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Untuk pertama kalinya dalam 65 tahun terakhir, Barcelona dan Real Madrid, sama-sama tersingkir di pentas Copa del Rey pada hari yang sama. Dua klub raksasa Spanyol itu sama-sama harus rela menghentikan langkah di babak perempat final Copa del Rey musim ini pada Jumat (7/2) dini hari WIB.

Selang beberapa jam usai Real Madrid menyerah 3-4 di tangan Real Sociedad dalam laga yang digelar di Stadion Santiago Bernabeu, Barcelona ditekuk Athletic Bilbao, 0-1, kala melawat ke Stadion San Mames. Tersingkirnya Barcelona dan Real Madarid di pentas Copa del Rey pada hari yang sama itu pun mengulangi catatan pada 1955 silam.

Baca Juga

Seperti dilansir ESPN, terakhir kali dua klub tersukses di pentas sepak bola Spanyol tersingkir di kancah Copa del Rey pada hari yang sama adalah pada 29 Mei 1955 silam. Pada saat itu, kedua tim sama-sama terhenti di babak semifinal dalam turnamen yang kala itu masih dikenal dengan nama Copa del Generalismo tersebut.

Di babak semifinal Copa del Generalismo pada 1955 itu, Madrid menyerah dengan aggregat 1-8 dari Sevilla. Di leg pertama, Madrid menyerah 1-3 dan pada leg kedua Los Blancos dicukur Sevilla, 0-5.

Sedangkan Barcelona gagal melewati adangan lawan yang juga menyingkirkannhya di pentas Copa del Rey musim ini, yaitu Athletic Bilbao. Di gelaran Copa del Generalismo 1955 itu, tim asal Katalan tersebut tersingkir dengan agregat 2-4 dari Bilbao.

Selain itu, dengan tersingkirnya Barcelona dan Real Madrid di babak perempat final Copa del Rey musim ini, maka untuk pertama kalinya sejak musim 2009/2010 babak semifinal Copa del Rey tanpa diikuti dua seteru bebuyutan tersebut.

Tidak hanya itu, babak semifinal Copa del Rey musim ini juga menorehkan rekor terbaru. Untuk pertama kalinya sejak 2003, babak semifinal Copa del Rey tidak diikuti Barcelona, Real Madrid, Valencia, dan Atletico Madrid. Empat besar Copa del Rey musim ini diisi oleh Real Sociedad, Athletic Bilbao, Granada, dan Mirandes.

Tiga tim dari pentas La Liga dan satu dari Segunda Division. Keempatnya akan bersaing di babak semifinal yang akan digelar dengan format laga dua leg.

Di sepanjang sejarah gelaran Copa del Rey, Barcelona tercatat sebagai tim tersukses dengan torehan 30 trofi. Di tempat kedua, ada Athletic Bilbao dengan koleksi 23 gelar. Namun, Bilbao belum pernah meraih juara Copa del Rey sejak musim 1983/1984. Sedangkan, Real Madrid berada di posisi ketiga, dengan koleksi 19 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement