Kamis 05 Mar 2020 23:22 WIB

Rooney: Butuh Waktu Buat United Kembali ke Level Top

Wayne Rooney menghabiskan 13 musim bersama United.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Penyerang Manchester United Wayne Rooney (kiri) mencetak gol ke gawang Swansea City lewat tendangan penalti.
Foto: EPA/RUI VIEIRA
Penyerang Manchester United Wayne Rooney (kiri) mencetak gol ke gawang Swansea City lewat tendangan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID,  DERBY -- Mantan penyerang Manchester United, Wayne Rooney, menilai, butuh waktu setidaknya dua hingga tiga tahun untuk United bisa kembali bersaing di jajaran klub elit Eropa. Rentang waktu ini, kata Rooney, harus dimanfaatkan United untuk bisa kembali membangun tim yang solid.

''Saya kira, butuh setidaknya dua atau tiga tahun lagi buat United untuk kembali bersaing di level teratas. Para penggemar United mesti bersabar dengan apa yang terjadi, dan biarkan pemain berkembang dan membuktikan kemampuannya,'' kata Rooney kepada The Guardian, Kamis (5/3).

Baca Juga

Pemain berusia 34 tahun pun merujuk pada langkah yang diambil dua klub teratas di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris, Liverpool dan Manchester City. Menurutnya, dua tim tersebut telah berhasil membangun fondasi tim yang begitu kuat. Namun, fondasi ini tidak dibentuk hanya dalam waktu satu atau dua musim.

United, kata Rooney, telah mencoba bangkit dengan cara instan dengan mendatangkan pelatih top, seperti Louis Van Gaal dan Jose Mourinho. Namun, cara ini terbukti tidak efektif. United tetap memerlukan waktu untuk bisa membangun sebuah tim yang kompetitif dan solid untuk bisa kembali bersaing, tidak hanya dalam perebutan titel Liga Primer Inggris, tapi juga di kompetisi Eropa.

''United telah mencobanya bersama Van Gaal dan Mourinho. Namun, akhirnya Anda tidak bisa membeli sebuah tim dan mencoba bersaing dengan Liverpool atau City. Jadi, United mesti sabar dan mencoba untuk membangun sebuah tim yang solid untuk bisa bersaing dengan dua klub itu,'' tutur kapten Derby County tersebut.

Rooney akhirnya memiiki kesempatan menguji kualitas bekas klubnya itu kala Derby County menerima lawatan United di Stadion Pride Park pada putaran kelima Piala FA, Jumat (6/3) dini hari WIB. Rooney pun menegaskan, kenangan manisnya bersama United tidak akan menghalangi ambisinya untuk membawa Derby County melangkah ke babak perempat final Piala FA.

''Selalu aneh menghadapi bekas klub, apalagi saya memperkuat mereka cukup lama. Namun, inilah sepak bola. Dalam 90 menit atau 120 menit laga nanti, saya ingin mereka kalah dan membawa kami melangkah ke babak selanjutnya,'' tutur mantan penyerang Everton tersebut.

Menghabiskan 13 musim bersama United, dari 2004 hingga 2017, Rooney memang  mampu menorehkan tinta emas dalam sejarah Setan Merah. Bahkan, penyerang asal Inggris masih tercatat sebagai top skorer sepanjang masa United, dengan torehan 253 gol dari 559 penampilan di semua ajang. Selama berseragam United, Rooney mempersembahkan lima titel Liga Primer Inggris dan satu trofi Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement