Rabu 29 Apr 2020 12:56 WIB

Barcelona Disarankan Hidup Tanpa Messi, Bisa?

Messi kini sudah berusia 32 tahun dan tak lama lagi akan pensiun

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Bintang Barcelona Lionel Messi.
Foto: Republika.
Bintang Barcelona Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM — Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman, mengingatkan Barcelona untuk mulai mempersiapkan pengganti Lionel Messi.

Sebab, La Pulga kini sudah berusia 32 tahun, dan tak lama lagi akan pensiun. Apalagi, Blaugrana sampai saat ini masih bergantung oleh Messi sebagai lumbung gol buat klub raksasa Katalan tersebut.

Sehingga, Koeman menegaskan klub harus mencari cara untuk mencari pengganti atau penerus dari pemain internasional Argentina tersebut. Walaupun, ia mengakui Messi memang pemain terbaik sepanjang masa.

''Tapi dia hanya manusia dan tidak bisa selalu menyelesaikan masalah. Barca harus mempersiapkan diri hidup tanpanya secara perlahan,'' ujar Koeman, dikutip dari Tribal Football, Rabu (29/4).

Koeman menambahkan, tanpa Messi, Barcelona tidak akan sama lagi. Sehingga, jangan sampai juara bertahan Liga Spanyol itu kaget saat Messi pada akhirnya memasuki masa pensiun atau pindah klub. Apalagi, Messi memilih untuk memperpanjang kontraknya setahun sekali, dan tidak langsung jangka panjang.

Keputusan itu pun memunculkan spekulasi kalau peraih enam kali Ballon d'Or tersebut akan meninggalkan Barcelona akhir musim ini. Bahkan, Messi sempat diisukan akan hengkang ke Inter Milan.

Walaupun akhirnya dibantah sendiri oleh sang pemain. Belum lagi, Barcelona saat ini masih kesulitan untuk mencari pengganti Neymar, serta Luis Suarez yang juga sudah berusia 33 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement