Rabu 17 Jun 2020 09:26 WIB

Meski tak Disukai Fans, Arteta akan Pertahankan David Luiz

Bagi Arteta, Luiz adalah panutan para pemain lain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
David Luiz usai mencetak gol kemenangan Arsenal atas Bournemouth dalam pertandingan Ahad (6/10) WB di Stadion Emirates.
Foto: EPA
David Luiz usai mencetak gol kemenangan Arsenal atas Bournemouth dalam pertandingan Ahad (6/10) WB di Stadion Emirates.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, berharap, bisa tetap melihat bek tengah asal Brasil, David Luiz, bertahan di skuat The Gunners. Menurut pelatih asal Spanyol tersebut, Luiz mampu menjadi panutan buat pemain lain dan memberikan kontribusi positif buat permainan The Gunners di atas lapangan. 

''Saya senang dengan kehadiran David di tim ini. Saya ingin, dia tetap bertahan bersama kami. Sejak saya bergabung di sini sebagai pelatih, dia telah menjadi panutan buat pemain-pemain lain. Saya suka dengan apa yang dia tunjukan di atas lapangan. Saya senang dengan pengaruhnya pada para pemain di klub ini. Saya ingin mempertahankan dia,'' kata Arteta seperti dikutip Sky Sports, Rabu (17/6).

Rumor kepergian Luiz dari Stadion Emirates pada bursa transfer musim ini mulai menguat saat manajemen The Gunners belum juga memberikan sinyal perpanjangan kontrak buat mantan bek tengah Chelsea tersebut. Padahal, kontrak bek tengah berusia 33 tahun itu bakal habis pada 30 Juni mendatang.

Tidak hanya itu, manajemen Arsenal juga telah melewati tenggat waktu untuk mengaktifkan opsi perpanjangan selama setahun dalam kontrak Luiz.

Selain itu, dalam sebuah kesempatan wawancara, bek tengah asal Brasil itu juga sempat mengungkapkan keinginannya untuk hijrah dan mengakhiri karier di Benfica, klub pertamanya saat mulai berkiprah di sepak bola Eropa. Namun, belakangan agen Luiz, Kia Joorabchian mengklarifikasi pernyataan kliennya tersebut.

Menurutnya, Luiz masih merasa kerasan untuk memperkuat Arsenal. Keinginan Luiz untuk mengakhiri karier di Benfica hanya muncul apabila tidak ada tawaran dari The Gunners. Bahkan, Kia menegaskan, Luiz berharap bisa bertahan di tim asal London Utara tersebut.

''David akan duduk bersama manajemen The Gunners sebelum musim kompetisi baru dimulai. Dari situ baru ditentukan apakah dia bertahan atau dia hengkang. Namun, peluang Luiz bertahan di Arsenal cukup tinggi. Dia tidak ingin hengkang,'' tutur Kia kepada Sky Sports, awal bulan ini.

Salah satu opsi yang bisa diambil The Gunners untuk mempertahankan Luiz adalah dengan memberikan penawaran kontrak jangka pendek. Hal ini  sudah mendapatkan lampu hijau dari Premier League.

Dalam ketentuan tersebut, setiap klub Premier League dapat memberikan kontrak jangka pendek buat para pemain yang kontraknya habis pada 30 Juni mendatang.

Namun, baik klub dan pemain sudah harus mencapai kata sepakat soal kontrak jangka pendek itu sebelum 23 Juni mendatang. Bergabung dari Chelsea pada awal musim ini, Luiz memang hanya dikontrak selama satu tahun oleh The Gunners.

Pada saat itu, The Gunners merogoh kocek sedalam delapan juta pound demi bisa menebus Luiz dari The Blues. Pada musim ini, eks bek tengah Paris Saint Germain itu telah tampil di 32 laga dan mencetak tiga gol buat The Gunners di semua ajang. n reja irfa widodo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement