Sabtu 20 Jun 2020 05:26 WIB

Akhir Saga Turbo Timo

etertarikan sejumlah klub besar Eropa terhadap Werner terendus sejak awal musim.

timo werner
Foto: youtube
timo werner

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Reja Irfa Widodo

Wartawan Republika

Saga kepindahan penyerang RB Leipzig Timo Werner berakhir sudah. Werner menjatuhkan pilihannya pada Chelsea sebagai klub yang akan dibelanya pada musim depan atau setidaknya hingga lima tahun mendatang. Sebuah pernyataan resmi dari Chelsea, Kamis (18/6) waktu setempat, akhirnya menjadi ujung dari serangkaian rumor transfer Werner sejak bursa transfer akhir musim lalu.

''Penyerang berusia 24 tahun itu telah menyetujui kesepakatan personal dengan the Blues. Pemain tersebut akan tetap berada di Bundesliga hingga musim ini berakhir dan baru akan bergabung dengan tim utama Chelsea pada Juli mendatang, begitu lolos tes medis,'' tulis keterangan resmi Chelsea dalam laman resmi klub, Jumat (19/6) WIB.

Kendati Chelsea tidak menyebut besaran nilai transfer Werner, berbagai media asal Jerman dan Inggris menyebut, eks jebolan akademi sepak bola Stuttgart itu ditebus dengan nilai transfer mencapai 47,5 juta poundsterling (Rp 833 miliar). Angka ini lebih besar 2,5 juta pound dari nilai klausul pelepasan Werner yang mencapai 45 juta poundsterling (Rp 798 miliar). Tidak hanya itu, Werner juga dikabarkan bakal menerima gaji sebesar 175 ribu pound (Rp 3 miliar) per pekan, dua kali lipat dari gaji yang diterima Werner di RB Leipzig.

Ironisnya, Chelsea bukanlah klub yang paling sering dihubung-hubungkandengan Werner. Top skorer Piala Konfederasi 2017 itu sempat dikabarkan sudah begitu dekat untuk bergabung bersama Liverpool. Bahkan, Werner disebut-sebut sempat dihubungi dan berbicara langsung dengan pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Namun, negosiasi antara Liverpool dan RB Leipzig mengalami jalan buntu.

Kebuntuan the Reds ini akhirnya dimanfaatkan Chelsea pada akhir bulan lalu. The Blues langsung mendekati Werner. Setelah mendapatkan berbagai paket penawaran, Werner akhirnya setuju bergabung bersama the Blues. Kesepakatan ini dilanjutkan dengan pertemuan dengan RB Leipzig. Werner dan agennya, Karlheinz Forster, menemui manajemen RB Leipzig pada 3 Juni silam untuk memberitahukan keinginannya hijrah ke the Blues.

Pertemuan selama 20 menit itu pun berbuah kesepakatan kepindahan Werner ke klub asal London Barat tersebut. Kini, the Blues dan RB Leipzig dikabarkan tinggal mencari kata sepakat terkait skema pembayaran nilai transfer Werner.

Musim ini boleh dibilang musim terbaik Werner sejak mengawali karier profesional pada usia 17 tahun di Stuttgart pada 2013 silam. Werner sukses mengemas 32 gol dan 13 assist dari 43 penampilan dalam semua ajang pada musim ini. Atas catatan performa ini, tidak berlebihan jika menyebut Werner sebagai salah satu penyerang tertajam di lima liga top Eropa pada musim ini.

Secara khusus, Werner mampu mencetak 26 gol dan 8 assist dari 32 penampilan di pentas Bundesliga musim ini. Hingga pekan ke-32 Bundesliga, hanya Robert Lewandowski yang mampu terlibat langsung dalam torehan gol sebanyak Werner, yaitu 34 gol (26 gol dan delapan assist). Sementara Lewandowski, yang berada di peringkat teratas daftar top skorer sementara, telah mencetak 31 gol dan 3 assist.

Tidak seperti Lewandowski, Werner memiliki fleksibilitas posisi di lini serang. Tidak hanya bisa ditempatkan sebagai penyerang tunggal, Werner juga piawai ditempatkan sebagai winger ataupun menempati posisi terdepan dalam skema dua penyerang ataupun tiga penyerang. Alhasil, kemampuan Werner tidak hanya insting mencetak gol, pergerakan di mulut gawang lawan, penempatan posisi, ataupun ketajaman, tetapi juga mampu menyediakan assist bagi rekan-rekan setimnya.

Werner dikenal sebagai pemain yang kerap menyisir dari sisi pinggir lapangan guna mencari ruang kosong di jantung pertahanan lawan.  Atas kemampuannya ini, media-media Jerman menjuluki Werner sebagai ''Turbo Werner''. Mantan pelatih RB Leipzig, Ralph Hassenhuttl, bahkan menyebut, Werner dapat menjadi “hantu” bagi pertahanan tim manapun. ''Dia bisa menjadi senjata yang brutal dan mematikan apabila berada di tim yang tepat,'' kata pelatih yang kini menangani Southampton tersebut seperti dikutip Squawka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement