Kamis 23 Jul 2020 02:59 WIB

Pelatih Aston Villa: Kekalahan Watford Picu Performa Kami

Villa dipastikan bertahan di Liga Primer jika mampu menang di laga terakhir.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Aston Villa Dean Smith
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pelatih Aston Villa Dean Smith

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Pelatih Aston Villa, Dean Smith, mengungkapkan, kekalahan 0-4 Watford dari Manchester City di laga pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris, Rabu (22/7) dini hari WIB, memicu anak-anak asuhnya untuk bisa tampil maksimal kala menghadapi Arsenal di laga lainnya. Hasilnya, Villa sukses membungkam Arenal, 1-0, lewat gol kemenangan Trezeguet pada menit ke-27.

Kegagalan Watford memetik poin penuh di laga kontra City membuat Villa memiliki kesempatan menggeser the Hornets di peringkat ke-17 sekaligus keluar dari zona degradasi. Kesempatan ini pun tidak mau disia-siakan begitu saja oleh Jack Grealish dan kawan-kawan. Selang beberapa jam setelah laga Watford kontra City, Villa berhasil membekuk the Gunners.

''Sebelum laga, kami telah mengetahui Watford gagal memetik poin dan itu memicu kami. Dengan kemenangan, kami bisa menyamai raihan poin mereka dan memegang kendali dalam usaha menghindari degradasi,'' kata pelatih Villa, Dean Smith, seusai laga kontra Arsenal seperti dilansir BBC, Rabu (22/7).

Pelatih asal Inggris itu pun memuji penampilan anak-anak asuhnya di laga kontra Arsenal. Terlebih, untuk pertama kalinya sejak akhir Februari, Villa akhirnya bisa keluar dari zona degradasi. Namun, Smith sadar, timnya belum sepenuhnya aman dari ancaman degradasi. Berada di peringkat ke-17, klub asal Birmingham itu hanya unggul jumlah selisih gol dari Watford.

Villa baru benar-benar dipastikan bertahan di Liga Primer Inggris musim depan apabila mampu meraih kemenangan di laga terakhir, saat melawat ke markas West Ham United, akhir pekan ini. Namun, kemenangan Villa itu tidak akan ada artinya apabila Watford bisa meraih kemenangan dengan keunggulan lebih dari tiga gol saat melawat ke markas Arsenal di laga pamungkas Liga Primer Inggris.

Karena itu, Smith pun berharap, timnya bisa melanjutkan tren positif di laga kontra the Hammers. Kemenangan atas Arsenal itu memang memperpanjang rekor tidak terkalahkan Villa di tiga laga terakhir. Bahkan, keberhasilan meraih tujuh poin dari tiga laga terakhir ini pula yang membuat Villa berhasil menggeser Watford, yang hanya meraih tiga poin di tiga laga terakhir.

''Kami telah bekerja keras untuk mempertahankan status kami di kompetisi ini. Hasil di tiga laga terakhir rasanya sudah menunjukkan hal tersebut. Sekarang kami harus beristirahat dan bersiap untuk mendapatkan hasil terbaik di laga terakhir, yang layaknya seperti laga final dalam sebuah kejuaraan,'' kata pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement