Senin 10 Aug 2020 16:59 WIB

Pirlo Menyukai Formasi 4-3-3, Ini Alasannya

Pirlo menyadari tak semua pemain Juventus bisa bermain dengan formasi tersebut.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Juventus Andrea Pirlo.
Foto: Twitter NYC FC
Pelatih Juventus Andrea Pirlo.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo, memberikan petunjuk formasi apa yang akan digunakan selama melatih tim. Beberapa bulan lalu, ia mengungkap formasi yang ia sukai yaitu 4-3-3. Itu artinya Pirlo menyukai permainan menyerang.

Pirlo harus membuktikan diri bahwa dirinya adalah orang yang tepat ditunjuk sebagai pengganti Maurizio Sarri, meskipun belum memiliki pengalaman sama sekali melatih tim utama. Sebelum ditunjuk sebagai pelatih utama, satu pekan sebelumnya ia dipilih sebagai pelatih Juventus U-23.

Baca Juga

“Itu tergantung pada para pemain, tapi saya suka 4-3-3 dengan semua orang menyerang ke depan. Banyak penguasaan bola, saya ingin terus mengoper bola, bahkan di belakang bangku cadangan jika perlu!” kata Pirlo dilansir dari Football Italia, Senin (10/8).

Meski demikian, Pirlo menyadari tak semua pemain bisa bermain dengan formasi tersebut sehingga perlu formasi lain atau harus beradaptasi. Ia memberikan isyarat bahwa pemain di bawah asuhannya akan lebih fleksibel dengan harapan dapat berkembang di lapangan.

Mantan pemain AC Milan tersebut juga pernah menyampaikan permasalahan Juventus beberapa tahun lalu kepada Sky Sports Italia. Ia menilai masalah di Bianconeri adalah lini tengah. Menurutnya, meski sudah merekrut Cristiano Ronaldo, Juve juga harus menyediakan pemain yang dapat melayani Ronaldo.

Mengenai siapa pemain yang cocok untuk direkrut oleh Juventus, Pirlo menyebut gelandang kreatif milik Real Madrid, Isco. Keberadaan Isco di lini tengah Juventus diyakini dapat memberikan layanan yang baik kepada Ronaldo. Apalagi keduanya sudah pernah bekerja sama bersama Los Blancos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement