Rabu 02 Sep 2020 20:22 WIB

Kiprah Pemain Belanda di MU, Banyak Sukses Ada yang Gagal

Donny Van de Beek jadi pemain ke-13 asal Belanda yang direkrut Manchester United.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Donny van de Beek
Foto:

Edwin Van Der Sar

Van Der Sar baru bergabung ke United pada usia 34 tahun. Namun kiper yang satu ini membuktikan usia tak menghalanginya untuk sukses di Old Trafford. Penyelamatannya dalam adu penalti saat lawan Chelsea di final Liga Champions pada 2008 jadi ingatan abadi fan MU. Bukan itu saja, ia memecahkan rekor di musim berikutnya dengan tak kebobolan selama 1.311 menit. Dengan 266 pertandingan, ia jadi pemain tertua yang memenangkan Liga Primer pada usia 40 tahun dan 205 hari.

Robin van Persie

Dari semua pemain Belanda yang pernah bermain untuk United, tidak ada yang memiliki rekor mencetak gol lebih baik dari Van Persie. Pada musim pertamanya, ia langsung mendapatkan Sepatu Emas saat MU kembali merebut gelar Liga Inggris dari Manchester City. Namun, setelah Ferguson pensiun, ia gagal menyamai jumlah 30 gol dari musim debutnya. Ia mengakhiri karier di United dengan menorehkan 58 gol.

photo
Robin Van Persie - (AP Photo/Jon Super)

Alexander Buttner

Buttner adalah pemain muda yang menjanjikan ketika Sir Alex Ferguson merekrutnya selama lima tahun pada 2012. Namun, bek kiri itu hanya bertahan dua musim di Old Trafford, Kehadiran Patrice Evra jadi alasan utama ia tersingkir dari skuat utama Setan Merah.

Daley Blind

Blind jadi bagian dalam revolusi yang dilakukan Louis Van Gaal pada 2014. Ia jadi bagian penting skuat United selama dua musim. Mampu bermain sebagai bek kiri, bek tengah dan gelandang tengah, Blind membantu Setan Merah juara Piala FA 2016, Piala Liga dan Liga Europa pada 2017.

Memphis Depay

Ada banyak harapan ketika Memphis Depay tiba di United pada 2015, setelah tampil mengesankan di level internasional. Sayang, Depay gagal total di Old Trafford. Meski harganya mencapai 25 juta poundsterling, striker yang satu ini hanya mencetak tujuh gol dalam 53 penampilannya untuk United.

Semusim kemudian Van Gaal dipecat dan Mourinho nyaris tak memberinya kesempatan bermain. Namun, sejak pindah ke Lyon, performanya justru melonjak drastis yang membuat United gigit jari.

photo
Memphis Depay - (EPA/PETER POWELL)

Timothy Fosu-Mensah

Pemain muda yang satu ini sudah berada di skuat utama selama lima tahun. Namun masih berjuang untuk mendapatkan tempat di kuat. Meski posisi aslinya adalah bek, ia kerap main di tengah. Ia sempat dipinjamkan ke Crystal Palace dan Fulham, namun gagal menarik perhatian. Pemain berusia 22 tahun itu sesekali tampil untuk Solskjaer dalam setahun terakhir.

Tahith Chong

Wonderkid Belanda ini perlahan menjadi sosok yang menarik di United. Walaupun ia kerap masuk dan keluar skuat utama dalam dua musim terakhir. Chong sudah main 16 laga di skuat United. Namun sekarang dipinjamkan ke klub Jerman Werder Bremen untuk musim 2020/21.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement