Jumat 02 Oct 2020 09:17 WIB

Ini Alasan Ronald Koeman tak Mainkan Dembele

Ini hanya soal teknis kebutuhan tim

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Ronald Koeman
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman menjelaskan keputusannya untuk tidak memasukan Ousmane Dembele saat Barca berhadapan melawan Celta Vigo pada lanjutan La Liga Spanyol 2020/2021 dini hari tadi.

Barcelona berhasil menggasak tuan rumah Vigo saat berkunjung ke Estadio Balaidos, Jumat (2/10). Ketiga gol tersebut dicatat oleh Ansu Fati pada menit ke-11, gol bunuh diri Olaza menit ke-51, dan Sergi Roberto menit ke-90+5.

Akan tetapi dalam kemenangan tersebut banyak pertanyaan menyeruak soal absennya Ousmane Dembele. Pesepak bola asal Prancis itu berada di bangku cadangan namun tak diberikan waktu bermain oleh Koeman.

"Saya pikir Pedri dan Trincao dapat berkontribusi lebih defensif daripada Dembele, itulah mengapa mereka bermain. Ini hanya soal teknis kebutuhan tim," jelas Koeman dikutip Goal, Jumat.

Praktis rumor soal kepergian Dembele dari Estadio Camp Nou ke kesebelasan asal Inggris, Manchester United semakin kencang dengan keputusan Koeman membangku cadangkan penyerang sayap itu.

Akan tetapi, juru taktik asal Belanda memilih untuk bungkam dan hanya mengaku bahwa Los Azulgrana masih memubutuhkan sosok Dembele dalam bagian timnya.

Di sisi lain, Koeman menambahkan target pun performa terbaru yang ditunjukan oleh Barca pada kompetisi 2020/2021. Kata dia, Barca menunjukan banyak disiplin ketika memainkan sistem formasi 4-4-1.

"Saya sangat bangga dengan tim ini hari ini, kami telah bekerja sangat baik, dengan satu pemain lebih sedikit. Pemain telah melakukan pekerjaan dengan baik," sambung dia.

Pelatih berusia 57 tahun kemudian mengatakan fokus timnya dalah memperbaiki musim sebelumnya. Barca menargetkan untuk menjadi kampiun La Liga, dan kembali merebut titel Liga Champions yang dalam beberapa tahun terakhir gagal dimenangkan.

"Kami bisa senang dengan hasil imbang tersebut. Juve dan Barca adalah dua tim terbaik di grup tetapi itu harus dibuktikan," kata Koeman menjelaskan hasil drwaing fase grup Liga Champions 2020/2021.

Adapun Barca tergabung bersama Juventus, Dynamo Kyiv, dan Ferencvaros pada Grup G Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement