Senin 19 Oct 2020 17:14 WIB

Van Dijk Cedera, Liverpool Diragukan Bisa Pertahankan Gelar

Van Dijk diketahui mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament).

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kiper Everton (kiri) menghantam bek Liverpool Virgil van Dijk saat kedua tim berlaga pada lanjutan Liga Primer Inggris 2020/2021 di Goodison Park, Sabtu (17/10).
Foto: EPA-EFE/Peter Byrne
Kiper Everton (kiri) menghantam bek Liverpool Virgil van Dijk saat kedua tim berlaga pada lanjutan Liga Primer Inggris 2020/2021 di Goodison Park, Sabtu (17/10).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mantan striker Blackburn Rovers, Chris Sutton, menilai, kehilangan Virgil Van Dijk menjadi pukulan terberat buat Liverpool dalam upaya mempertahankan titel Liga Primer Inggris pada musim ini. Sutton pun menyebut, situasi yang kini dihadapi oleh Liverpool mirip dengan situasi yang dialami Manchester City pada musim lalu.

Pada awal musim lalu, City sepakat mengakhiri kerjasama dengan Kompany. Bek tengah asal Belgia itu dilepas ke Anderlecht. Namun, langkah melepas Kompany tersebut terbukti menjadi blunder buat The Citizen. Tim besutan Pep Guardiola itu tidak bisa menemukan pemain yang bisa menggantikan Kompany di jantung pertahanan.

Ujungnya, City mesti rela melihat trofi Liga Primer Inggris terbang ke Stadion Anfield. Tidak hanya itu, di klasemen akhir Liga Primer Inggris musim lalu, juara Liga Primer Inggris pada dua musim sebelumnya itu pun tertinggal 18 poin dari Liverpool. Tidak mampu menemukan pemain yang bisa menggantikan sosok penting di jantung pertahanan inilah yang dikhawatirkan bakal menimpa The Reds pada musim ini.

''Kehilangan Virgil Van dijk bisa menjadi pembeda buat Liverpool antara keberhasilan mempertahankan titel Liga Primer Inggris atau kehilangan trofi yang telah mereka tunggu dalam jangka waktu lama tersebut. Kita melihat apa yang terjadi pada Manchester City setelah mereka kehilangan Vincent Kompany dan gagal menemukan pemain yang bisa menggantikannya. Apa yang terjadi di Liverpool saat ini sama seperti yang dialami City,'' tulis Sutton dalam ulasannya di Daily Mail, Senin (19/10).

Van Dijk diketahui mengalami cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) pada lututnya usai ditekel kiper Everton, Jordan Pickford, di laga Derby Merseyside di pentas Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu. Dalam laga yang berakhir imbang, 2-2, Van Dijk mengakhiri laga lebih cepat dan digantikan Joe Gomez pada menit ke-11. 

Akibat cedera ini, mantan bek tengah Southampton itu diprediksi bakal absen dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, mantan bek termahal sejagat itu absen memperkuat The Reds pada sepanjang musim ini. 

''Akhirnya, perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini akan benar-benar terbuka. Kita berbicara soal salah satu bek terbaik di dunia saat ini, yang harus melihat timnya berjuang keras tanpa dirinya. Anda bisa katakan, cedera Van Dijk ini menjadi pukulan besar buat peluang Liverpool untuk bisa meraih trofi di kancah domestik ataupun di pentas kompetisi Eropa,'' lanjut Sutton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement