Selasa 19 Jan 2021 17:00 WIB

FIFA: Angka Belanja Pemain Klub Menurun

Klub-klub Liga Inggris paling aktif di bursa transfer.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
FIFA
Foto:

FIFA mendaftarkan total 17.077 transferiInternasional 2020 dan itu lebih sedikit dibandingkan 2019 yaitu 18.047. Ini penurunan pertama sejak 2010. FIFA menegaskan penurunan tersebut diakibatkan Covid-19.

FIFA juga merilis, 11,6 persen dari semua transfer melakukan perpindahan permanen dari satu klub ke klub lain. Dan 62,5 persen melibatkan transfer pamin yang di luar kontrak serta hanya 1,3 persen dari semua transfer yang melibatkan bayaran lebih dari 5 juta dolar AS.

Laporan tersebut juga mencantumkan 10 transfer pemain teratas dengan kepindahan Kai Havertz ke Chelsea dari Bayer Leverkusen adalah yang menonjol. Ia bersama Arthur Melo ke Juventus dari Barcelona, Victor Osimhen dari Lille ke Napoli dan Bruno Fernandes ke MU dari Sporting Lisbon. 

Kemudian ada Ruben Dias ke Manchester City dari Benfica. Namun, berbeda dengan aktivitas transfer di sepak bola wanita yang meningkat lebih dari seperempat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Langkah mengesankan yang dibuat karena semakin banyak pemain sepak bola wanita menjadi profesional setiap tahun,” demikian bunyi laporan tersebut.

Transfer terbesar dalam sepak bola wanita adalah kepindahan Pernille Harder dari Wolfsburg ke Chelsea dan diikuti transfer Temwa Chawinga dari Malawi ke Jiangda Cina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement