Rabu 27 Jan 2021 08:51 WIB
...

Menanti Kiprah Thomas Tuchel di Stamford Bridge

Tuchel sosok yang punya kuasa politik terhadap pemain dan ingin mengontrol segalanya.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Thomas Tuchel.
Foto:

Namun kisah Lampard telah usai. Tuchel, yang misalnya sudah resmi jadi pelatih Chelsea, akan mengambil alih pekerjaan yang belum diselesaikan mantan pemain internasional Inggris tersebut. Tuchel adalah pelatih dengan kepribadian paling kompleks dalam sepak bola Eropa.

Dikutip dari BBC, Selasa (26/1), pelatih berusia 47 tahun itu dikenal sebagai sosok yang punya kekuasaan politik terhadap pemain dan ingin mengontrol segalanya. Di samping itu, Tuchel punya visi taktik dan pemikir yang metodis.

Dipecatnya Tuchel oleh PSG disebut-sebut buntut dari perseteruannya dengan direktur olahraga Leonardo. Meskipun beberapa klaim di Prancis menyebut Tuchel gagal mendapatkan yang terbaik dari para pemain bintangnya.

Meski demikian, Tuchel bisa membawa PSG ke final Liga Champions dan gelar domestik dua tahun beruntun. Trek rekornya juga cukup bagus di jajaran petinggi Chelsea, yang sudah melakukan pendekatan sebelum memecat Lampard.

Tuchel melihat peluang berkarier di Inggris jika bergabung ke Stamford Bridge, mengikuti jejak idolanya, Juergen Klopp dan Pep Guardiola. Ditambah lagi, Tuchel sudah pernah bekerja sama dengan dua pemain Chelsa, yaitu Christian Pulisic dan Thiago Silva. Sebagai sesama warga negara Jerman, Tuchel juga diyakini akan punya komunikasi yang baik dengan Timo Werner dan Kai Havertz, setelah performa kedua pemain itu naik turun sejak dilatih Lampard.

Namun, Tuchel punya tugas berat di pertandingan pertamanya saat Chelsea berhadapan dengan Wolves. Jika menang, maka Chelsea akan naik ke posisi delapan, mengesampingkan hasil Aston Villa, Southampton, dan Arsenal. Kalau kalah, maka Chelsea berpotensi terlempar dari 10 besar klaseman. Apalagi Wolves kini sedang berjuang dari keterpurukan di liga karena belum menang dalam lima pertandingan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement