Rabu 03 Feb 2021 03:04 WIB

Klausul Unik di Kontrak Messi

Lionel Messi berintegrasi dengan kondisi sosial dan budaya Katalan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Lionel Messi.
Foto:

.

Klausul lain juga menyebut, Messi diharapkan bisa menerapkan etika dan ritme kehidupan personal dengan baik. Begitu pula dengan larangan buat Messi untuk menggunakan doping jenis apa pun selama empat tahun memperkuat Barcelona, seperti yang diatur dalam kontrak tersebut. Pemain berusia 33 tahun itu pun menerima semua syarat tersebut. 

Tidak berhenti sampai disitu, sebenarnya ada salah satu klausul di kontrak tersebut, yang menyebutkan soal kemungkinan buat Messi untuk hengkang dari Barcelona sebagai free agent kendati belum menyelesaikan durasi kontrak. Ketentuan itu terkait dengan kemerdekaan Katalan dari Spanyol, yang terus diperjuangkan warga Katalan sejak 2017 silam. 

Apabila Katalan secara resmi bisa lepas dan memerdekakan diri dari Spanyol, maka Messi bisa hengkang dengan status free transfer. Imbas dari kemerdekaan Katalan atas Spanyol itu adalah dikeluarkannya Barcelona dari kompetisi La Liga dan akan tampil di Liga Katalan. Messi bisa pergi dengan status bebas transfer lantaran kompetisi Liga Katalan ataupun Piala Katalan tidak diakui secara resmi, baik oleh UEFA ataupun FIFA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement