Senin 22 Feb 2021 16:26 WIB
...

Pandemi tak Mampu Cekik Djokovic

Gelar Australia Open memperpanjang kemenangan Djokovic dalam 20 laga beruntun.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Petenis nomor satu dunia asal Serbia Novak Djokovic merayakan kemenangannya.
Foto:

Pandemi virus corona tidak mampu mencekik rekor Djokovic. Sebab, ia kini menyamai Roger Federer sebagai peraih 300 kemenangan atau lebih di semua ajang Grand Slam. Catatan itu ia rebut di babak keempat Australia Open, Ahad (14/2) lalu. Ia mengalahkan unggulan ke-14 asal Kanada, Milos Raonic, dalam waktu dua jam 56 menit dengan skor 7-6(5), 4-6, 6-1, dan 6-4.

Djokovic sekarang mengantongi rekor kemenangan 303-45. Ia hanya tertinggal dari Roger Federer dengan catatan 362-59. Sadar rekor dan gelarnya terus bertambah, Djokovic memilih tetap rendah hati.

Meski pandemi belum sepenuhnya terkendali, Djokovic sudah menjalani enam pertandingan selama 2021 dengan tak sekalipun terkalahkan. Selama 305 pekan ia menjadi petenis nomor satu dunia. Pencapaian itu membuatnya menjadi petenis kedua terlama menduduki posisi puncak peringkat ATP setelah Roger Federer selama 310 pekan.

Di sisi lain, Djokovic sesumbar dengan narasi yang menyinggung petenis senior akan segera tergerus oleh generasi baru. Di sektor putri, petenis muda asal Jepang, Naomi Osaka, baru saja merengkuh gelar Australia Open setelah menumbangkan petenis Amerika Serikat, Jennifer Brady.

Publik juga sempat terkesiap ketika petenis berusia 23 tahun itu mengalahkan legenda hidup Serena Williams di babak semifinal. Menanggapi hal ini, Djokovic masih percaya diri atlet senior di sektor putra masih berjaya. "Semua orang berbicara tentang generasi baru yang datang dan menggusur kami, tetapi secara realistis itu masih belum terjadi,” kata Djokovic kepada Eurosport.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement