Selasa 14 Sep 2021 12:27 WIB

Laga Eropa di Inggris tidak Dipindah ke Lokasi Netral

Pemerintah Inggris perpanjang aturan kelonggaran untuk pertandingan liga-liga Eropa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Undian Liga Champions 2021/2022 (ilustrasi). Pemerintah Inggris memperpanjang pengecualian buat klub ataupun pemain yang berada di daftar merah penyebaran Covid-19 untuk bisa memasuki wilayah Inggris guna melakoni laga di kompetisi Eropa..
Foto: EPA-EFE/TOLGA BOZOGLU
Undian Liga Champions 2021/2022 (ilustrasi). Pemerintah Inggris memperpanjang pengecualian buat klub ataupun pemain yang berada di daftar merah penyebaran Covid-19 untuk bisa memasuki wilayah Inggris guna melakoni laga di kompetisi Eropa..

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemerintah Inggris memperpanjang pengecualian buat klub ataupun pemain yang berada di daftar merah penyebaran Covid-19 untuk bisa memasuki wilayah Inggris guna melakoni laga di kompetisi Eropa. Dengan keptusan ini, laga-laga di Liga Europa dan Liga Champions akan tetap digelar di wilayah Inggris dan tidak perlu dipindahkan ke tempat netral. 

Pada Februari silam, tepatnya pada babak 32 besar Liga Europa, Manchester United dan Arsenal sempat tampil di tempat netral. Ini karena adanya larangan bepergian ke negara-negara yang masuk daftar merah penyebaran Covid-19 oleh Pemerintah Inggris. United terpaksa menghadapi Real Sociedad di Stadion Allianz, Turin, sedangkan The Gunners beradu kualitas dengan Benfica di Stadion Olimpico, Roma. 

Baca Juga

Dengan kebijakan perpanjangan pengecualian yang telah dikeluarkan Pemerintah Inggris, maka klub-klub asal Inggris ataupun pemain-pemain klub lain yang berasal dari negara-negara daftar merah bisa memasuki wilayah Inggris. "Artinya, para pemain tersebut bisa memasuki Inggris dan memperkuat timnya masing-masing. Selain itu, laga-laga tersebut juga tidak perlu dipindahkan ke tempat netral," tulis laporan Sky Sports, Selasa (14/8).

Langkah klub yang menganjurkan para pemainnya, terutama yang berasal dari Amerika Selatan, untuk tidak memperkuat timnas negara masing-masing sempat memicu polemik. Pada September silam, Zenit Saint Petersburg sempat meminta dua pemain asal Brasil, Malcolm dan Claudinho, untuk absen memperkuat Brasil di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Zenit berharap, dua pemain tersebut bisa diturunkan saat melawat ke kandang Chelsea, Stadion Stamford Bridge, pada laga pembuka penyisihan Grup H Liga Champions, Selasa (14/9) waktu setempat. 

Setidaknya ada tiga laga yang akan digelar di Inggris pada matchday pembuka kompetisi Eropa. Selain laga Zenit kontra Chelsea, Liverpool juga dijadwalkan menerima lawatan AC Milan di Stadion Anfield pada laga perdana penyisihan Grup B Liga Champions. Sedangkan di Liga Europa, Leicester City akan menjamu Napoli pada matchday perdana penyisihan Grup C. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement