Jumat 12 Nov 2021 15:50 WIB

Harapan Baru Dembele

Musim ini saja, Dembele hanya sekali tampil

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Striker FC Barcelona Ousmane Dembele beraksi saat pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara FC Barcelona melawan Real Betis yang digelar di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, 07 November 2020.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Striker FC Barcelona Ousmane Dembele beraksi saat pertandingan sepak bola LaLiga Spanyol antara FC Barcelona melawan Real Betis yang digelar di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, 07 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA --Nasib Ousmane Dembele di Barcelona bisa dibilang hampir berakhir. Serangkaian cedera membuat mantan pemain Borussia Dortmund itu tidak menjalani karier yang mulus di Camp Nou.

Musim ini saja, Dembele hanya sekali tampil, ketika lawan Dynamo Kiev di Liga Champions pada 2 November. Apesnya lagi, baru saja menjalani laga perdana musim ini setelah pulih dari cedera, pemain berusia 24 tahun itu mengalami masalah hamstring.

Frustasi, Barcelona dilaporkan sempat berusaha menjual Ousmane Dembele ke Manchester City musim panas lalu. Saat itu memang Barcelona sedang mencoba meringankan beban keuangan mereka karena diterpa krisis. Terlebih, pemain internasional Prancis itu juga masih belum menandatangani kontrak baru di Camp Nou.

Namun kesepakatan gagal karena City lebih tertarik untuk melakukan pertukaran pemain. Sementara Barca maunya uang cash. Manchester United dan Juventus disebut sedang memantau situasi Dembele, yang kontraknya habis pada 30 Juni tahun depan.

Tapi kedatangan Xavi Hernandez bikin Barcelona makin pusing. Pelatih yang baru datang menggantikan Ronald Koeman itu ingin pemain internasional Prancis tersebut tetap di klub.

''Saya tegaskan kalau Dembele harus bertahan di Barcelona. Dia adalah pemain yang bisa membuat perbedaan di Barcelona. Perpanjangan kontraknya adalah prioritas,'' kata Xavi, dikutip dari Marca, Jumat (12/11).

Pernyataan itu bikin Dembele merasa yakin kalau ia masih diterima di Barcelona. Menurut mantan pelatih Al-Sadd tersebut, di posisinya sebagai winger, Dembele bisa jadi pemain terbaik di dunia.

Karena itu Xavi ingin menolong Dembele mewujudkan hal tersebut. Bahkan Xavi berani menjamin, usai pulih dari cedera, Dembele akan mendapatkan tempat di tim utama dan bakal sering dimainkan.

''Kami ingin dia bertahan. Dia bilang ke saya kalau dia ingin kembali ke lapangan dan berjuang untuk Barcelona. Ada rencana dari klub untuknya demi membuktikan bakat dan kualitasnya,'' tegas Xavi.

Sejak tiba di Barcelona pada musim panas 2017, setiap pelatih memiliki kepercayaan padanya, walaupun beberapa sikap indisipliner di awal-awal bergabung. Namun perkembangannya terhambat oleh cedera.

Total, ia sudah absen sebanyak 99 pertandingan. Barcelona pun telah menggelar pembicaraan dengan perwakilan Dembele beberapa pekan terakhir, untuk memastikan rencana mereka.

Salah satunya adalah Barcelona akan menjadikannya pemain penting di tim, lalu berusaha keras untuk meminimalisir cedera. Hasilnya, Dembele pun kembali mendapatkan kepercayaan dan cinta dari klub.

Ia sedikit memaksakan diri untuk bertanding pada 2 November. Dembele bilang ke pelatih interim Sergi Barjuan kalau dirinya siap main, walaupun baru sembuh dari cedera serius pada Euro musim panas lalu.

Dembele pun masuk dari bangku cadangan pada menit 66, lebih awal dari yang diharapkan. Namun tekadnya untuk bertanding lebih cepat harus dibayar mahal, karena dua hari kemudian ia mengumumkan cedera hamstring.

Meski terjadi kemunduran, Xavi dengan cepat mengingatkan Dembele, akan menjadi pemain terbaik dunia dan mendapatkan tempat penting di Barcelona. Oleh karena itulah, ada optimisme di Barcelona, kalau Dembele akan menyepakati perpanjangan kontrak.

Proposal yang diajukan Barcelona disebut kontrak sampai 2025, dan akan memasukan beberapa bonus, termasuk jumlah permainan, jumlah trofi yang harus dimenangkan dan banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement