Selasa 21 Dec 2021 00:19 WIB
...

Menanti Aksi Egy Maulana Vikri Bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Shin mungkin melakukan sejumlah perubahan di skuad Garuda demi bisa memainkan Egy.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan). Egy diharapkan sudah bisa bergabung bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2020 pada Selasa (21/12) waktu setempat.
Foto:

Sementara bersama timnas Indonesia, Egy terakhir kali tampil saat skuad Garuda dibekuk Afghanistan, 0-1, pada laga persahabatan. Penampilan terakhir Egy bersama timnas Indonesia di laga kompetitif adalah saat Indonesia menghadapi Cina Taipei di laga leg kedua babak play-off ajang kualifikasi Piala Asia, pertengahan Oktober lalu.

Di laga tersebut, Egy menyumbang satu gol dalam kemenangan, 3-0, Indonesia atas Cina Taipei. Sebelumnya, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat mengaku tengah menunggu kehadiran Egy di skuad Garuda di pentas Piala AFF 2020.

Kendati begitu, pelatih asal Korea Selatan itu kemungkinan besar mesti melakukan sejumlah perubahan di starting line-up timnas Garuda demi bisa memberikan tempat buat Egy. Berposisi asli sebagai winger, Egy bisa ditempatkan di sayap kanan ataupun sayap kiri.

Menilik formasi terakhir Indonesia di laga kontra Malaysia, Shin Tae-yong menurunkan tiga pemain sayap sekaligus, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, dan Irfan Jaya. Witan, yang biasa beroperasi di sayap kiri, ditempatkan di belakang Ezra Walian yang berada di ujung tombak.

Rumakiek dipercaya menempati sayap kiri dan Irfan Jaya di posisi sayap kanan. Dengan kemampuan teknik yang dimilikinya, Egy diyakini bisa diplot untuk menempati salah satu dari tiga posisi tersebut.

Baca juga : Pelatih Singapura Percaya Bisa Bekuk Indonesia di Semifinal Pertama Piala AFF

Berkaca dari posisi bermain Egy di FK Senica ataupun di laga terakhir bersama timnas Indonesia, Egy kemungkinan besar akan ditempatkan sebagai sayap kanan. Namun, di posisi sayap kanan, Irfan Jaya tampil cukup impresif di laga kontra Malaysia. Kendati melakukan blunder yang berujung pada terjadinya gol Malaysia, winger PSS Sleman itu bisa membayar kesalahan tersebut dengan mencetak dua gol di laga tersebut.

Irfan tercatat telah mencetak tiga gol di sepanjang penyisihan grup. Terlepas dari berbagai skenario tersebut, kehadiran Egy dinilai akan menambah daya gedor timnas Indonesia di laga kontra Singapura.

Publik pencinta sepak bola pun rasanya tengah menanti dengan antusias dampak yang bisa diberikan Egy, terutama lewat kecepatan dan kemampuan tekniknya, terhadap performa timnas Indonesia di pentas Piala AFF.

Semua keputusan akan berakhir di tangan Shin Tae-yong, apakah akan memberikan kesempatan kepada Egy untuk langsung tampil sebagai starter, atau menyiapkan Egy sebagai senjata pamungkas dengan menurunkan Egy sebagai pemain pengganti guna menyegarkan performaskuad Garuda saat tengah menemui kebuntuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement