Jumat 31 Dec 2021 11:14 WIB

Liverpool yang Sangat Butuh Pemain Baru

Liverpool tak memiliki kedalaman skuad seperti Man City, Chelsea, dan Bayern Muenchen

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Manajer Liverpool Jurgen Klopp memberikan instruksi kepada para pemainnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leicester City dan Liverpool di Stadion King Power di Leicester, Inggris, Selasa, 28 Desember 2021.
Foto:

Sang arsitek mengeluh. Tak terlihat determinasi ala Liverpool. Selisih poin dengan City pun semakin jauh. The Reds sudah tertinggal sembilan angka dari juara bertahan. Si Merah baru tampil dalam 19 pertandingan. Sementara, anak asuh Pep Guardiola sudah menyelesaikan 20 laga.

Artinya, jika berjaya di partai terdekat, Liverpool memperpendek jarak poin dengan the Citizens. Hanya, lawan yang menunggu Jordan Henderson dkk, bukan tim sembarangan. Akhir pekan ini Liverpool meladeni ketangguhan Chelsea di Stamford Bridge.

"Tidak ada gunanya kami melihat mereka (Man City), atau Chelsea, atau tim sekitar kami. Kami harus melihat performa kami, melakukan peningkatan di pertandingan berikutnya," ujar Van Dijk.

Bek tengah asal Belanda itu menyerukan perbaikan sikap, dan teknis. Namun lebih dari itu, sudah saatnya, klub kota pelabuhan ini berbenah dalam konteks penguatan skuat. Liverpool sangat butuh pemain baru di jendela bursa transfer musim dingin 2022.

Berbagai taktik berkelas Klopp tidak akan jalan, jika banyak pemain utama absen, sesewaktu. Contoh nyata, sepeninggal Georginio Wijnaldum, kubu Merseyside Merah belum jua bergerilya. Situasi makin parah ketika Harvey Elliot mengalami cedera parah.

Alhasil, Klopp tak memiliki banyak pilihan di lini tengah. Naby Keita masih sering masuk keluar ruang perawatan. Pun demikian dengan Henderson dan Thiago.

Menurut Sportsmole, Liverpool telah mengajukan penawaran untuk mendatangkan gelandang AC Milan, Franck Kessie. Eks Atalanta ini masuk kategori gelandang box to box. Selain piawai di lini tengah, ia juga bisa mencetak gol. Paket komplit untuk Klopp.

Berikutnya di lini depan. Sadio Mane dan Salah akan membela negara masing-masing pada Piala Afrika 2021. Ajang tersebut berlangsung di Kamerun, pada 09 Januari hingga 06 Februari tahun depan. 

Selama periode tersebut, Klopp tak bisa cuma mengandalkan Minamino, Diogo Jota, Divock Origi, dan Roberto Firmino. Mereka kehilangan dua pemain kunci sekaligus, yang selama ini jadi tulang punggung di area penyerangan.

Belakangan, Liverpool dikaitkan dengan Bukayo Saka. "Klopp telah mengindentifikasi pemain muda itu, sebagai tambahan sempurna untuk lini depan timnya," demikian laporan yang dikutip dari thehardtackle.

Pengejaran Saka, bukan semata-mata buat menggantikan Mane dan Salah, di waktu singkat. Melainkan untuk proyek jangka panjang the Reds. Ia berpotensi menggantikan peran Firmino nantinya.

Menarik dinanti sejauh mana Liverpool bergerak dan berhasil di bursa transfer Januari. Menarik juga menunggu sampai di mana the Reds finis akhir musim ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement