Kamis 13 Jan 2022 12:15 WIB
...

Kelemahan dan Kelebihan Pemain Timnas Indonesia di Mata Shin Tae-Yong

Shin juga melihat ada banyak kelebihan dari para pemain Indonesia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.
Foto:

Shin lalu menjelaskan pentingnya weight training atau latihan beban. Menurut juru taktik 51 tahun ini, dalam sepak bola akan selalu berurusan dengan adu fisik. Jika fisik pemain lemah maka akan rentan cedera.

Selain itu, jika kalah adu fisik maka pemain tak akan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Sehingga weight training dibutuhkan agar fisik pemain kuat dan menang dalam duel fisik. “Di Eropa itu juga sangat penting untuk pemain bola,” jelas Shin.

Dilansir dari verywellfit, Rabu (12/1/2022) latihan beban merupakan bagian dari program pelatihan komperehensif di sepak bola. Latihan beban ini bahkan tak hanya digunakan untuk pemain sepak bola tapi juga olahraga lain seperti rugbi di Amerika Serikat.

Ada macam latihan beban yang diterapkan dalam sepak bola, salah satunya kebugaran aerobik. Sepak bola membutuhkan program ini untuk memberikan daya tahan dalam usaha berkelanjutan, kekuatan untuk menerobos, atau kekuatan tekel. Jika elemen kebugaran, daya tahan, kekuatan dan tenaga dimiliki oleh pemain maka, dipastikan akan berada di puncak kebugaran.

photo
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (depan, keenam kiri) bersama jajaran pengurus PSSI, tim pelatih, dan para pesepak bola timnas Indonesia dalam Piala AFF 2020 berfoto usai karantina di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022). Dalam acara tersebut PSSI membubarkan tim yang merebut juara kedua Piala AFF 2020 dan selanjutnya akan segera membentu tim yang akan berlaga dalam Piala AFF U-23 di Kamboja pada 14-26 Februari 2022. - (Antara/Aditya Pradana Putra)

Meskipun ada banyak kekurangan, Shin juga melihat ada banyak kelebihan dari para pemain Indonesia. Ia mencontohkan keras keras pemain yang sangat baik. Shin masih punya banyak waktu untuk memoles sepak bola Indonesia sampai kontraknya berakhir pada Desember 2023. Dan semoga niat mulianya berbuah manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement