Kamis 13 Jan 2022 17:18 WIB
...

Kisah Perjuangan Lea Campos, Wasit Sepak Bola Wanita Pertama di Dunia Asal Brasil

Lea kala itu beralasan, wanita hanya dilarang menendang bola, bukan meniup peluit.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Lea Campos, Wasit Sepak Bola Wanita Pertama di Dunia Asal Brasil.
Foto:

Akan tetapi, Lea sadar memulai karier sebagai pesepak bola adalah ketidakmungkinan. Karena itu, ia berniat memilih jalan lain: menjadi wasit.

"Jika saya kembali bermain sepak bola, tentu tidak mungkin saya mendapat dukungan karena saat itu olahraga ini masih dilarang," ucap Lea. "Tapi menjadi wasit adalah persoalan lain. Saya tidak menyalahi aturan apa-apa karena saat itu perempuan hanya dilarang menendang bola, bukan meniup peluit."

Pada 1967, Lea mengambil lisensi kepelatihan setelah menjalani seleksi selama delapan bulan. Ia pun dikenal sebagai wasit perempuan pertama di dunia saat itu.

Namun pada 2018, FIFA akhirnya merilis nama resmi wasit pertama di dunia, yakni Edith Klinger, seorang wanita asal Austria yang pernah menjadi wasit di sebuah pertandingan sepak bola pada 1935.

Meski tak lagi menyandang status wasit pertama, Lea tidak memusingkan itu. Sebab, ia berpendapat bahwa yang paling penting adalah wanita bisa mengejar mimpi. Karena menurutnya, wanita harus berusaha lebih keras dari laki-laki saat dirinya meniti karier sebagai wasit.

Lea ingat ketika sedang memimpin sebuah pertandingan persahabatan sepak bola putri, namun harus batal karena digeruduk polisi. Lea kembali melakukannya dan ditangkap lagi. Hal itu terjadi kira-kira 15 kali selama kariernya.

Hingga pada 1971, ia mendapat surat untuk memimpin pertandingan Piala Dunia Putri di Meksiko. Meski kompetisi itu belum diakui sebagai turnamen resmi, ia tidak ingin melewatkannya. Tapi. satu-satunya cara agar mimpinya terwujud adalah mengirim surat kepada sang presiden.

"Medici melihat saya dan mengajak ke istana presiden di Brasilia. Saat itu saya takut karena kami sedang berada di pemerintahan diktator. Saya sempat membayangkan diculik atau ditangkap dalam pertemuan itu," kata Lea.

Namun tak disangka, Medici yang dikenal keras memberi dukungan penuh kepada Lea untuk menjadi wasit di Piala Dunia. Sang presiden bahkan menggelar konferensi pers khusus untuk mengumumkan bahwa Brasil mengirim wanita pertama ke turnamen sepak bola sejagad itu.

"Dia bahkan memberi pidato khusus kepada para wartawan dan berkata dirinya bangga bisa mengumumkan bahwa Brasil memiliki wasit wanita pertama di dunia," kata Lea menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement