Selasa 15 Mar 2022 04:56 WIB

Pesepak Bola dengan Koleksi Hattrick Terbanyak Sepanjang Sejarah

Ronaldo pemain yang masih aktif dengan koleksi hattrick terbanyak sepanjang sejarah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo mencetak gol pembuka timnya saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Tottenham Hotspur, di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad (13/3/2020) dini hari WIB. Ronaldo mencetak hattrick di pertandingan itu untuk mengantar Man United menang 3-2 atas Spurs.
Foto:

2. Cristiano Ronaldo (59 hattrick)

Torehan tiga gol ke gawang Tottenham Hotspur, akhir pekan lalu, seolah menjadi jawaban dari Cristiano Ronaldo atas kritik yang dialamatkan kepada dirinya. Sebelum laga di Stadion Old Trafford itu, Ronaldo memang kesulitan untuk mencetak gol. Dari 10 laga, eks bintang Real Madrid dan Juventus itu hanya bisa mencetak satu gol.

Ronaldo pun dianggap telah berada dalam kurva penurunan peformanya di atas lapangan. Terlebih, usia Ronaldo sudah menginjak 37 tahun. Namun, Ronaldo menjawab semua keraguan dan kritik tersebut.

photo
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo menunjukkan poin saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Brentford dan Manchester United di Brentford Community Stadium di London, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB. - (AP/Matt Dunham)

Tidak hanya itu, keberhasilan tiga kali membobol gawang Spurs mengantarkan Ronaldo memecahkan rekor baru. Berdasarkan data FIFA, Ronaldo menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak di sepanjang sejarah sepak bola dengan koleksi 806 gol.

Selain itu, hattrick ke gawang Spurs ini menjadi hattrick ke-59 Ronaldo di sepanjang kariernya hingga saat ini. Ronaldo pun menjadi pemain yang masih aktif dengan koleksi hattrick terbanyak di sepanjang sejarah.

1. Pele (92 hattrick)

Pele akan terus dikenal sebagai salah satu pesepak bola terbaik di sepanjang sejarah si kulit bundar. Gaya bermain, ketajaman, dan insting mencetak gol legenda timnas Brasil ini menginspirasi pemain-pemain lain dan generasi pemain-pemain berikutnya.

Hingga kini, Pele masih menggenggam sejumlah rekor. Pemain yang pensiun pada 1977 itu masih tercatat sebagai pemain dengan koleksi trofi Piala Dunia terbanyak. Pele membawa Brasil merengkuh titel Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.

photo
Dalam file foto 1 Desember 2017 ini, legenda sepak bola Brasil Pele menghadiri undian Piala Dunia 2018 di Kremlin di Moskow. Di akun media sosialnya, Pele mengatakan pada Senin, 6 September 2021 bahwa tumor yang tampak di sisi kanan usus besarnya telah diangkat dalam sebuah operasi. - (AP/Alexander Zemlanichenko)

Selain itu, Pele juga masih menjadi pemain termuda yang mampu mencatatkan hattrick di Piala Dunia. Rekor ini ditorehkan Pele di Piala Dunia 1958, tepatnya kala Brasil mengalahkan Prancis, 5-2, di babak semifinal. Pada saat itu, Pele menyumbang tiga gol dan baru berusia 17 tahun 244 hari.

Berdasarkan Guinness Book of World Records, Pele diketahui telah 92 kali menorehkan hattrick di sepanjang kariernya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement