Rabu 23 Mar 2022 11:42 WIB
...

5 Kunci Sukses Xavi dalam Angkat Performa Barcelona

Barcelona kembali menunjukkan intensitas dan agresivitas lewat tiki-taka.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Pelatih Barcelona Xavi Hernandez memberi isyarat di pinggir lapangan selama pertandingan.
Foto:

3. Ketegasan sikap di depan presiden Barcelona

Hubungan antara Ronald Koeman dan Joan Laporta terus merenggang, yang akhirnya berujung pada pemecatan pelatih asal Belanda tersebut. Retaknya hubungan ini tidak terlepas dari ketidakmampuan Koeman dalam mengkomunikasikan keinginannya kepada Laporta.

Alhasil, jajaran direksi sempat campur tangan dalam sejumlah aspek yang seharusnya menjadi ranah Koeman. Berbeda dari Koeman, Xavi memiliki ketegasan dan sikap yang jelas saat berhadapan dengan Laporta.

Xavi lebih berani dalam mengungkapkan keinginannya kepada Laporta, terutama dalam hal penguatan skuad di tim utama. Permintaan ini pun hingga sejauh ini masih dituruti oleh Laporta.

4. Pengambilan posisi pemain di atas lapangan

Saat masih memperkuat Barcelona sebagai pemain, Xavi merupakan salah satu pilar utama dalam menerjemahkan gaya permainan tiki-taka Barca di atas lapangan. Xavi bisa dibilang paham betul bagaimana pergerakan dan posisi yang harus diambil di atas lapangan, terutama dalam sistem permainan Blaugrana.

Pemahaman ini yang diberikan Xavi di tim utama Blaugrana saat ini. Terlebih, pasca-kedatangan, Xavi dikabarkan sempat menilai, para penggawa Barcelona tidak memiliki pemahaman dasar soal sistem permainan khas Blaugrana, seperti pergerakan dan positioning. Ini tidak terlepas dari perubahan sistem yang dilakukan oleh Koeman.

5. Menekan secara kolektif

Tidak hanya soal pergerakan dan positioning, Xavi juga menekankan soal aspek teknis lain, yaitu pressing secara kolektif. Aspek ini dianggap menghilang dari permainan Barcelona saat masih ditangani Koeman.

Namun, aspek ini kembali dihadirkan kembali oleh Xavi. Untuk penerapan aspek ini, Xavi sepertinya tidak main-main dan pandang bulu. Semua pemain Blaugrana, baik itu gelandang serang ataupun penyerang, harus mencoba sekeras mungkin untuk bisa kembali merebut bola saat Barca kehilangan bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement