Rabu 08 Jun 2022 06:59 WIB

Go Penalti Injury Time Mane Bawa Senegal Menang di Kualifikasi Piala Afrika

Sadio Mane mencetak gol penalti pada tujuh menit injury time laga kontra Rwanda.

Pemain Senegal Sadio Mane (ilustrasi)
Foto: AP/Rui Vieira
Pemain Senegal Sadio Mane (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN -- Sadio Mane mencetak gol penalti pada tujuh menit injury time laga untuk mengantarkan Senegal memetik kemenangan tipis 1-0 atas Rwanda di kandang dalam laga kualifikasi Piala Afrika, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB.

Senegal menurunkan tim dengan kekuatan penuh, dengan Mane memimpin serangan, tetapi harus menunggu hingga satu menit sebelum peluit akhir dibunyikan untuk mengamankan kemenangan atas tim berperingkat 136 itu dalam pertandingan Grup L di stadion baru Dakar.

Baca Juga

Ada juga kemenangan untuk Burkina Faso, Kepulauan Tanjung Verde, dan Zambia saat kompetisi kualifikasi untuk putaran final 2023 di Pantai Gading berlanjut.

Senegal seharusnya memainkan pertandingan mereka di Kigali, tetapi renovasi stadion di ibu kota Rwanda membuat kedua asosiasi setuju untuk mengubah kualifikasi mereka, sehingga Rwanda akan menjamu Senegal pada akhir kualifikasi, Maret mendatang.

Senegal telah memulai mempertahankan mahkota Piala Afrika yang mereka menangkan pada bulan Februari dengan kemenangan 3-1 atas Benin di Dakar pada akhir pekan lau, di mana Mane mencetak hat-trick, termasuk dua tendangan penalti.

Namun kali ini hanya ada penalti di menit-menit terakhir yang membuat penonton bersorak, setelah tantangan Jimmy Mutsinzi pada Saliou Ciss mengakhiri harapan Rwanda untuk meraih hasil yang luar biasa.

Kings Kangwa mencetak gol melalui tendangan bebas melengkung yang dramatis dua menit sebelum pertandingan usai untuk memberi Zambia kemenangan tipis 2-1 atas Kepulauan Komoro di Lusaka di Grup H. Zambia sempat tertinggal pada menit ke-13 ketika kesalahan pertahanan memungkinkan striker Red Star Belgrade El Fardou Ben Mohamed menyambut bola lepas dan mencetak gol. Kapten Zambia Enock Mwepu menyamakan kedudukan jelang turun minum sebelum Kangwa memenangkan pertandingan.

Eswatini, yang menahan Togo pada akhir pekan dalam pertandingan pembukaan Grup B, unggul lebih dulu pada menit ke-64 di Johannesburg melawan Burkina Faso. Namun kemudian pekerjaan mereka dibatalkan dalam waktu enam menit ketika Dango Ouattara yang berusia 20 tahun mencetak dua gol untuk Burkinabe saat mereka menang 3-1

Di grup yang sama, striker Julio Tavares membawa Kepulauan Tanjung Verde unggul di awal pertandingan melawan Togo dan kemenangan di Praia dipastikan pada menit akhir oleh gelandang Jamiro Monteiro.

 

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement