Ahad 21 Aug 2022 23:54 WIB

Kejuaraan Jetski 2022 Gubernur Jakarta Cup Berjalan Sengit dan Ketat

Para pejetski mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya masing-masing.

Para pejetski bersiap beraksi di Gubernur Jakarta Cup di Ancol, Ahad (21/8/2022).
Foto: Dok. Web
Para pejetski bersiap beraksi di Gubernur Jakarta Cup di Ancol, Ahad (21/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA) kembali menggelar Kejuaraan Jetski 2022 Gubernur Jakarta Cup. Kejuaraan yang digelar dua hari, Sabtu (20/8/2022) dan Ahad (21/8/2022) dikuti sekitar 22  atlet jetski berusia belia.

"Target kejuaraan ini adalah pembinaan dan mencetak atlet jetski kelas dunia seperti Aero dan Aqsa. Anak anak kami bina dari kecil  di akademi agar menjadi juara dunia dan dapat  mengharumkan bangsa di pentas Internasional," Ketua PP IJBA Syaiful Sutan Aswar  di Ancol, Jakarta Utara, Ahad.

Baca Juga

Kejuaraan Jetski 2022 Gubernur Jakarta Cup mempertandingkan lima kelas. Diantaranya, Runabout Endurance Open, Amateur Runabout Stock Box, Junior Runabout Stock Box, Novice Runabout Stock Box dan Rising Star Runabout Stock Box. Pertandingan dibagi menjadi tiga moto.

"Persaingan antar pejetski berlangsung sengit dan ketat. Ada yang belum lama bergabung di akademi," kata pria yang akrab disapa Fully  ini. 

Salah satu pejetski, Rafa Hisyami Miza mengakui persaingan kejuaran jetski 2022 Gubernur Jakarta Cup berlangsung ketat. Meski demikian, Rafa yang pernah meraih juara tiga kejuaraan jetski di Amerika Serikat ini tak mau kendur semangat untuk meraih medali emas. 

"Persaingan ketat, terutama dengan Sabastian Ali dan Muhammad Farel," ungkap pelajar Jakarta Internasional School (JIS) ini.

Untuk kelas Junior Runabout Stock Box, persaingan juga terjadi pejetski putri, Aurora Tambunan dan Raja Jabar. Sementara tak kalah seru di kelas Rising Star Runabout Stock Box.

Meski hanya diikuti empat pejetski, Razan Klalifi Miza, Shakeela Bellvania, Jason Sutomo dan Raja Jabar, parsaingan antar pejetski sangat seru hingga mengundang tepuk tangan penonton. 

Indonesia diakui jadi salah satu negara dengan prestasi mengilap di dunia jetski. Hal itu tentu bisa berdampak positif bagi pariwisata di Tanah Air.

Sejak Asian Games 2018, olahraga jetski di Indonesia jadi lebih dikenal masyarakat luas. Ini tak lepas dari prestasi Aero Sutan Aswar dan adiknya Aqsa Sutan Aswar.

Aqsa bahkan berhasil meraih medali emas yang membuat namanya makin harum. Sementara Aero tetap mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional seperti saat jadi juara dunia jetski di 2016 dan 2019;

Ini semua tak lepas dari tangan dingin ayahnya Fully yang sekaligus pemilik Akademi Jetski Indonesia. Syaiful sudah menempa kedua anaknya itu sejak masih kecil untuk belajar jetski hingga menjadi atlet level dunia seperti sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement