Senin 05 Sep 2022 17:15 WIB

Pemain Persipura Ricardo Salampessy Kantongi Sertifikat Pelatih A AFC

Ricardo bisa diberdayakan menjadi asisten pelatih ketika dibutuhkan Persipura.

Pemain Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pemain Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pemain bertahan Persipura Jayapura Ricardo Salampessy resmi mengantongi sertifikat pelatih A AFC. Ini setelah mantan pemain timnas Indonesia itu mengikuti kursus yang digelar PSSI di Bali pada 13-25 Juni 2022 dan Tangerang pada 25 Juli hingga 6 Agustus 2022.

"Syukur dengan kerja keras dan usaha saya berhasil memperoleh sertifikat pelatih A AFC," kata Ricardo dalam siaran persnya, Senin (5/9/2022).

Baca Juga

Dengan mengantongi sertifikat pelatih A AFC pemain yang mengawali karier di Persiwa Wamena itu telah memenuhi syarat menjadi asisten pelatih pada Liga 1 serta menjadi pelatih kepala pada Liga 2 Indonesia. "Pasti saya merasa senang sekali bisa memperoleh sertifikat dan ini menjadi modal saat saya pensiun nanti," ujarnya.

Ricardo saat ini memang masih berstatus sebagai pemain Persipura untuk kompetisi Liga 2 musim 2022/2023. Ia masih dipercaya pelatih Ricky Nelson untuk mengawal lini belakang klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut bersama Brian Fatari, Wulf Horota, Syaiful Indra, dan Yustinus Pae.

Sementara itu, manajer Persipura Yan Permenas Mendenas mengaku bahwa keberhasilan Ricardo dalam meraih sertifikat pelatih A AFC akan memberikan dampak positif bagi klub Mutiara Hitam.

Menurut Yan, Ricardo bisa diberdayakan menjadi asisten pelatih ketika dibutuhkan oleh manajemen tim Persipura. "Dia (Ricardo) adalah pemain Persipura tentu dia sangat mengetahui tim ini secara mendalam suatu saat dia akan dibutuhkan Persipura," katanya.

Yan berharap kepada seluruh mantan pemain atau pemain Persipura yang memiliki bakat pelatih bisa mengikuti jejak dari pemain berdarah Maluku tersebut. "Sehingga ke depan kami tidak sulit mencari pelatih yang memiliki sertifikat A AFC atau yang lebih tinggi lagi," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement