Selasa 18 Oct 2022 11:37 WIB

Presiden Prancis Ikut Sambut Keberhasilan Benzema Raih Ballon d'Or 2022

Benzema menjadi pesepak bola kelima asal Prancis yang mampu meraih Ballon d'Or.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Presiden Prancis Emmanuel Macron.
Foto: AP/Ludovic Marin/AFP POOL
Presiden Prancis Emmanuel Macron.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Karim Benzema tercatat menjadi pesepak bola kelima asal Prancis yang mampu merengkuh gelar Ballon d'Or. Penyerang Real Madrid itu dinobatkan sebagai peraih Ballon d'Or 2022 dalam seremoni yang digelar di Theather du Chatelet, Paris, Prancis, Senin (17/10/2022) waktu setempat.

Dengan keberhasilan meraih gelar pesepak bola terbaik sejagat pada 2022 versi France Football tersebut, Benzema mengikuti jejak sejumlah nama besar dan legenda sepak bola Prancis, mulai dari Raymond Kopa, Michel Platini, Jean Pierre-Papin, hingga Zinedine Zidane.

Baca Juga

Benzema menjadi pemain asal Prancis pertama yang mampu meraih gelar Ballon d'Or dalam 24 tahun terakhir. Sebelumnya, Zinedine Zidane tercatat menjadi pemain terakhir yang mampu memboyong Ballon d'Or, tepatnya pada 1998 silam.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pun turut menyambut keberhasilan Benzema merengkuh Ballon d'Or 2022. Dalam unggahan di akun Twitter miliknya, Macron sempat menuliskan inisial Benzema lengkap dengan nomor punggung yang dikenakannya, KB9. Kemudian, Macron kembali menambah pesan baru dalam unggahan tersebut.

''Dua huruf dan nomor tersebut tersebut akan tercatat dalam sejarah sepak bola. 24 tahun setelah Zidane, Karim Benzema membawa kembali trofi Ballon d'Or. Selamat untuk dia (Benzema),'' tulis Macron di akun media sosialnya sepeti dilansir AS, Selasa (18/10/2022).

Dari lima pesepak bola asal Prancis yang pernah meraih Ballon d'Or, Platini memiliki koleksi terbanyak dengan tiga trofi. Sejak gelaran Ballon d'Or mulai digelar pada 1956, para pesepak bola asal Prancis telah mengoleksi total tujuh trofi Ballon d'Or.

Sementara buat Benzema, trofi Ballon d'Or 2022 merupakan gelar pertama usai sembilan kali masuk dalam nominasi salah satu penghargaan individu paling bergengsi di pentas sepak bola profesional tersebut di edisi-edisi sebelumnya. Dalam sembilan kesempatan tersebut, Benzema mencatatkan posisi tertinggi pada edisi tahun lalu, kala finis di peringkat keempat daftar penerima Ballon d'Or.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement