Sabtu 29 Oct 2022 05:41 WIB

5 Rekor di J1 League yang Sulit Dipatahkan

Yoshito Okubo pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah J1 League dengan 191 gol..

Yoshito Okubo
Foto: Dok J.LEAGUE - all rights reserved
Yoshito Okubo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelaran J.League sudah bergulir sejak 1993. Saat ini merupakan musim ke-29 penyelenggaraan J1 League. Sejak bergulir, banyak rekor yang tercipta di kasta teratas Liga Jepang ini.

Dari semua rekor yang ada, terdapat beberapa rekor yang sepertinya akan sulit terpecahkan dalam waktu dekat, berikut ini adalah lima di antaranya:

Baca Juga

Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah

Yoshito Okubo merupakan pemilik catatan gol terbanyak sepanjang sejarah J1 League. Okubo tercatat mencetak 191 gol dalam 477 laga di kasta teratas Liga Jepang. 

Ia mengawali karier di Cerezo Osaka pada tahun 2001 usai direkrut dari SMA Kunimi. Okubo kemudian bermain di banyak tim J1 League lainnya seperti Vissel kobe, Kawasaki Frontale, F.C.Tokyo, hingga Jubilo Iwata, selain juga sempat bermain di Eropa bersama Real Mallorca di Liga Spanyol dan VfL Wolfsburg di Liga Jerman.

Catatan gol Okubo berjarak 30 gol di atas pesaing terdekatnya, Hisato Sato yang kini sudah pensiun dan Shinzo Koroki yang musim ini sudah berusia 36 tahun dan bermain untuk Hokkaido Consadole Sapporo.

Saat ini, hanya tiga pemain aktif di J1 League yang sudah memiliki catatan gol di atas 100, tetapi semuanya masih berjarak sangat jauh dari catatan gol Okubo. Artinya, sepertinya masih lama sampai kita bisa melihat rekor gol Okubo ini dipatahkan oleh pemain lain.

Gol Terbanyak dalam Satu musim

Masashi Nakayama merupakan pemain dengan catatan gol terbanyak dalam satu musim. Ia menjadi top skor J1 League pada tahun 1998 dengan mencetak 36 gol untuk Jubilo Iwata. Catatan ini sepertinya akan sulit dipecahkan dalam waktu dekat.

Setelah Nakayama, hanya ada satu pemain yang pernah mencetak lebih dari 30 gol dalam semusim, yaitu pemain asal Brasil, Araujo, saat mencetak 33 gol untuk Gamba Osaka pada tahun 2005 lalu. Sisanya, tak ada pemain lain yang bisa mendekati catatan milik Nakayama ini.

Jumlah gol Nakayama ini juga membantu Jubilo Iwata mencatat rekor jadi tim yang paling banyak mencetak gol dalam semusim. Pada musim 1998, Jubilo Iwata mencetak 107 gol. Sejak saat itu sampai sekarang, tak pernah ada lagi tim J1 League yang mampu mencetak lebih dari 100 gol dalam semusim.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement