Kamis 03 Nov 2022 22:08 WIB

Manchester City Kini Punya Pemain Muda Hebat Baru, Langsung Cetak Gol di Liga Champions

Mantan kapten City U-18 itu melewati catatan Karim Benzema.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Manchester City Rico Lewis merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak skor 1-1 selama pertandingan sepak bola grup G Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Sevilla FC di Manchester, Inggris, Kamis (3/11/2022).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pemain Manchester City Rico Lewis merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak skor 1-1 selama pertandingan sepak bola grup G Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Sevilla FC di Manchester, Inggris, Kamis (3/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Satu nama menjadi sorotan saat Manchester City tampil pada laga pamungkas Grup G Liga Champions (UCL) musim ini. Dia adalah Rico Lewis.

Bek kanan belia itu berperan penting membantu timnya mengalahkan Sevilla, 3-1  di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (3/11/2022) dini hari WIB. Lantaran telah mengantongi tiket babak 16 besar, Pep melakukan rotasi besar-besaran di starting xi timnya. Beberapa pemain muda ditampilkan sejak menit pertama.

Baca Juga

Salah satunya, Lewis. Keputusan Pep terbukti manjur. Sang wonderkid turut menggetarkan jala lawan. Sepakannya pada menit ke-52, tak mampu dihalau Yassine Bounou. 

"Gol yang luar biasa. Dia pemain fantastis. Sangat cerdas. Dia mengerti segalanya, dan bermain sangat baik," kata Guardiola, memuji kinerja anak asuhnya itu, dikutip dari laman resmi UEFA.

Gol Lewis membuat Man City menyamakan kedudukan. Sebelumnya mereka tertinggal 0-1. Kubu tamu memimpin terlebih dahulu lewat sundulan Rafa Mir pada menit ke-31.

Sejumlah rekor tercipta. Lewis menjadi pemain termuda City yang mencetak gol di pentas UCL. Sang bek sayap melakukannya di usia 17 tahun 356 hari.

Belum berhenti sampai di situ. Sosok yang juga pernah menjadi kapten City U-18 itu melewati catatan Karim Benzema. Rekor ini tentang pemain termuda yang mencetak gol saat pertama kali menjadi starter di Liga Champions. 

Benzema melakukannya pada 2005 silam. Ia turun sejak menit awal ketika masih membela Olympique Lyon menghadapi Rosenborg. Saat itu, Pria Prancis ini berusia 17 tahun 352 hari.

Lewis bak permata baru milik the Citizens. Dalam laga ini, ia tampil hingga 85 menit. Setelahnya, ia digantikan oleh Joao Cancelo.

Guardiola enggan memberikan tekanan pada wonderkid tersebut, Biarlah sang bek berproses secara perlahan, namun pasti. Terpenting, yang bersangkutan telah memiliki dasar kualitas mumpuni.

"Dalam sesi latihan, kami selalu berpikir, orang ini memiliki sesuatu yang istimewa," ujar Guardiola.

Man City menjalani jadwal yang sangat padat setelah Piala Dunia 2022. Keadaan demikian, memperbesar peluang Lewis unjuk gigi di pertandingan-pertandingan mendatang. Pep menjamin hal itu.

Ia tak bisa mengandalkan orang yang sama di setiap laga. Menurutnya, siapa pun yang diturunkan, tentu sudah layak memakai jersey tim senior the Citizens.

"Musim ini sangat panjang. Ada Carabao Cup. Cedera pemain juga bisa terjadi, Jika dia harus bermain, kami percaya dia siap," ujar Guardiola, menegaskan.

Saatnya skuad biru langit mengalihkan fokus ke ranah domestik. Akhir pekan ini, Man City bertemu Fulham dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Etihad.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement