Senin 14 Nov 2022 06:06 WIB

Pelajar Padangsidimpuan Dominasi Lari Estafet di SAC Indonesia Wilayah Sumut

Para juara SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers akan berlaga di putaran nasional.

Pelari terakhir regu SMAN 1 Padangsidempuan Roland Gultom (kanan) saat bersaing pada final lari estafet 4x100 meter pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 - North Sumatera Qualifiers, di Stadion Unimed, Medan, Minggu (13/11)
Foto: Dok DBL
Pelari terakhir regu SMAN 1 Padangsidempuan Roland Gultom (kanan) saat bersaing pada final lari estafet 4x100 meter pada Energen Champion SAC Indonesia 2022 - North Sumatera Qualifiers, di Stadion Unimed, Medan, Minggu (13/11)

REPUBLIKA.CO.ID, Pelajar Padangsidimpuan Dominasi Lari Estafet di SAC Indonesia Wilayah Sumut

MEDAN -- Kompetisi atletik pelajar terbesar di Tanah Air Student Athletics Championships (SAC) Indonesia telah merampungkan kualifikasi di Sumatra Utara (Sumut). Berlangsung selama tiga hari sejak 11 hingga 13 November Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed) SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers diikuti hampir 5.000 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA. Mereka mewakili delegasi 200 sekolah se-Sumut.

Baca Juga

Sebanyak 32 pelajar tingkat SMA, terdiri dari 16 putra dan 16 putri, telah ditetapkan sebagai wakil dari kualifikasi wilayah Sumut. Mereka bersaing dengan wakil dari delapan qualifiers lainnya  pada National Championship di Jakarta, 9 hingga 11 Desember mendatang. Mereka yang lolos ke seleksi tingkat nasional ini adalah yang sukses naik podium sebagai winner dan runner-up dari nomor-nomor yang diperlombakan, lintasan dan lapangan.

Persaingan nomor lari estafet (relays) 4x100 meter didominasi delegasi sekolah asal Kota Padangsidimpuan. Podium juara untuk persaingan putra maupun putri diisi oleh dua sekolah negeri dari Kota Salak ini. Regu SMAN 1 Padang Sidempuan sukses menjadi yang tercepat persaingan putra, setelah menyentuh garis finis dengan catatan waktu 48,057 detik. Mereka menyisihkan rival sekota, MAN 2 Padangsidimpuan yang finis di urutan kedua dengan selisih sangat tipis, yakni 0,028 saja. Disusul delegasi SMAN 4 Medan pada peringkat ketiga dengan torehan waktu 50,552 detik.

Podium juara persaingan putri lari estafet 4x100 meter direbut regu dari SMAN 5 Padangsidimpuan. Pada final yang berlangsung di Stadion Unimed, Ahad (13/11), regu SMAN 5 Padangsidimpuan menyelesaikan perlombaan dalam waktu 1 menit 3,349 detik. Mereka mengungguli SMAN 2 Binjai yang finis di ururtan kedua dengan torehan waktu 1 menit 7,370 detik. Disusul SMK Sultan Iskandar Muda Medan pada posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 7,793 detik.

Dari persaingan nomor bergengsi lari jarak pendek atau sprint 100 meter,siswa SMK Swasta Jambi, M. Deka Pratama menjadi raja lintasan cepat setelah mencatatkan waktu 11,78 detik. Sedangkan di peringkat kedua ada Ferdiansyah Siregar dari SMKN 2 Padangsidimpuan dengan waktu 11,92 detik. Podium ketiga menjadi milik Fikri Firmansyah, wakil SMAN 4 Kisaran.

Sedangkan untuk gelar ratu sprinter direbut Masrianti dari SMKN 1 Teluk Mengkudu setelah mencatatkan waktu 14,39 detik. Torehan tersebut lebih cepat 0,12 detik ketimbang hasil yang ia ciptakan pada babak sebelumnya. Dengan begitu, Masrianti sukses mengamankan slot National Championship bersama Echa Davina Emista BR Ginting dari SMAN 2 Binjai yang finis sebagai runner-up dengan catatan waktu 14,436 detik. 

Selain menghasilkan para pemenang nomor lari, gelaran Energen Champion SAC Indonesia 2022 North Sumatera Qualifiers juga mengantarkan para pelajar yang berjaya di dua nomor lapangan, yakni lompat jauh dan tolak peluru. 

Ketua umum KONI Sumatera Utara Jhon Ismadi Lubis memuji gelaran Energen Champion SAC Indonesia North Sumatera Qualifiers yang dia anggap sukses mendongkrak animo dan gairah para pelajar untuk ikut berkompetisi dan jadi tertarik dengan atletik. "Saya berharap acara ini terus bergulir. Membuat acara dengan peserta mencapi lima ribuan seperti ini sesuatu yang istimewa sekali," puji Jhon. 

Sementara itu, Ketua Pengprov PASI Sumut, David Luther Lubis mengatakan, dia dan jajarannya akan memfasilitasi para juara dan runner-up yang berhasil menembus babak National Championship. Ia akan mendukung program latihannya agar pada wakil Sumut ini bisa bersaing dengan delegasi regional qualifiers lainnya Desember nanti di Jakarta. Hingga berhasil menang secara nasional dan berhak berangkat ke Australia untuk mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama. 

Energen Champion SAC Indonesia 2022 digelar di sembilan wilayah atau qualifiers di tanah air. Yakni, Bali dan Nusa Tenggara, Papua, Kalimantan, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jakarta & Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Utara. Acara ini diadakan oleh Energen Champion, bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. 

Tak hanya mencari winner dan runner-up untuk bersaing pada National Championship. Selama pelaksanaan Energen Champion SAC Indonesia 2022 di masing-masing qualifiers juga ada tim talentscout untuk memantau para finalis dan peserta yang berpotensi. Selain dari PB PASI, anggota tim talent scout juga diisi oleh para legenda atletik. Pada North Sumatera Qualifiers ada Parluatan Siregar, yang merupakan mantan sprinter nasional. 

Menurut Parluatan, pemantauan dilakukan dari berbagai sisi. Mulai dari anatomi dan pengukuran postur, minat dan bakat alam yang sudah terbentuk, juga faktor keturunan. ”Misalkan ada anak yang tidak juara tetapi posturnya bagus akan kami perhatikan juga,” ujar polisi berpangkat Kombes Pol itu.

Hal serupa disampaikan oleh Cukup Pahalawidi. Salah satu tim talent scouting dari PB PASI yang ikut keliling pada setiap penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2022 ini. Menurut Cukup, yang direkomendasikan oleh PB PASI adalah para pelajar yang masuk urutan delapan terbaik untuk nomor lapangan. Dan para finalis pada nomor lintasan. “Kami melakukan pencatatan tinggi badan, panjang tungkai, rentang lengan dan lain-lain,” terangnya. (*)

 

Delegasi North Sumatera Qualifiers yang Lolos ke National Championship:

Juara Lompat Jauh Putri:

1. Novitria Indriarti Hasibuan (SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan) - 4,59 meter

2. Elfhira Nur Sadrina (SMAN 4 Kisaran) - 4,26 meter

Juara Lompat Jauh Putra:

1. Firli Sahputra (SMKN 2 Medan) - 6,11 meter

2. Muhammad Alif Ramadhan (SMAN 2 Kisaran) - 5,90 meter

Juara Tolak Peluru Putri:

1. Floren Kristin Sinulingga (SMKN 2 Medan) - 7,75 meter

2. Nesa Nopianti BR Sembiring (SMA Masehi Biru Biru) - 6,86 meter

Juara Tolak Peluru Putra:

1. Sukur Niati Waruwu (SMAN 2 Hutahilir) - 10,82 meter

2. Bakti Simanullang (SMAN 1 Matauli Pandan) - 10,46 meter

Juara Lari Menengah 1.000 Meter Putri:

1. Ica Lovi Yanti Br Barus (SMA Masehi Biru Biru) - 3:49,679

2. Putri Sari (SMAS Budi Agung Medan) - 3:55,686

Juara Lari Menengah 1.000 Meter Putra:

1. Riki Sihombing (SMA PGRI 20 Siborongborong) - 2:50,553

2. Fadzri Amanda Chaniago (SMAN 1 Padangsidimpuan) - 2:50,911

Juara Lari Estafet 4x100 Meter Putri:

1. SMAN 5 Padangsidimpuan - 1:03,349

2. SMAN 2 Binjai - 1:07,370

Juara Lari Estafet 4x100 Meter Putra:

1. SMAN 1 Padangsidimpuan - 48,057 detik

2. MAN 2 Padangsidimpuan - 48,085 detik

Juara Lari 100 Meter Putri:

1. Misrianti (SMKN 1 Teluk Mengkudu) - 14,390 detik

2. Echa DavinaEmista BR Ginting (SMAN 2 Binjai) - 14,436 detik

Juara Lari 100 Meter Putra:

1. M. Deka Pratama (SMK Jambi) - 11,78 detik

2. Ferdiansyah Siregar (SMKN 2 Padangsidimpuan) - 11,92 detik

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement