Senin 09 Jan 2023 14:23 WIB

Doan Van Hau, Tukang Jagal Vietnam yang Dibenci Fan Sepak Bola Indonesia dan Malaysia

Doan Van Hau kerap melakukan pelanggaran kasar dan provokatif, tapi tidak dihukum.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Doan Van Hau (kanan), pemain Vietnam yang dibenci publik sepak bola Indonesia dan Malaysia.
Foto:

Van Hau diketahui memulai karier profesional bersama Hanoi FC. Di klub yang berbasis di Ibu Kota Vietnam tersebut, Van Hau terbilang mampu tampil impresif dan sudah dipercaya tampil bersama tim utama pada 2017 silam. Saat itu, Van Hau baru berusia 17 tahun dan menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Liga Vietnam.

Van Hau pun sukses mempersembahkan titel Liga Vietnam pada 2018. Kiprah Van Hau itu ternyata menarik minat salah satu kontestan Liga Belanda, Heerenven. Pada 2019, Van Hau merumput bersama Heerenveen dengan status sebagai pemain pinjaman selama satu tahun.

Van Hau tercatat menjadi pemain Vietnam pertama yang tampil di pentas sepak bola Belanda, tepatnya saat masuk sebagai pemain pengganti di laga KNVB Cup, kontra Roda, pada Desember 2019. Namun, pada akhir masa peminjaman, Heerenven enggan mengubah status kepindahan Van Hau dan mengembalikannya ke Hanoi FC.

Di Hanoi FC, Van Hau kembali menjadi andalan dalam mengawal lini belakang. Puncaknya, Van Hau sukses mempersembahkan dua gelar domestik buat Hanoi FC pada 2022, yaitu titel Liga Vietnam dan Piala Nasional Vietnam.

Seperti halnya di level klub, Van Hau juga mereguk kesuksesan bersama timnas Vietnam. Performanya mengantarkan Van Hau menembus tim Vietnam U-22, U-23, saat masih berusia 18 tahun. Keberhasilan mengantarkan Vietnam melaju ke partai final Piala AFC U-23 menjadi prestasi terbaik Van Hau bersama tim junior Vietnam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement