Senin 09 Jan 2023 14:23 WIB

Doan Van Hau, Tukang Jagal Vietnam yang Dibenci Fan Sepak Bola Indonesia dan Malaysia

Doan Van Hau kerap melakukan pelanggaran kasar dan provokatif, tapi tidak dihukum.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Doan Van Hau (kanan), pemain Vietnam yang dibenci publik sepak bola Indonesia dan Malaysia.
Foto:

"Van Hau adalah pemain yang unik. Kami tidak pernah memiliki pemain seperti ini sebelumnya. Dia kuat, cepat, dan bisa diandalkan saat bertahan dan menyerang. Jarang pemain Vietnam memiliki kemampuan seperti dia. Dia memiliki masa depan yang cerah,'' ujar salah satu jurnalis sepak bola asal Vietnam, Erick Bui, seperti dilansir Voetball Zone pada 2018 silam.

Sementara di level senior, Van Hau telah dipercaya oleh pelatih Park Han-seo untuk tampil di Piala AFF 2018. Ujungnya, Van Hau membawa Vietnam merengkuh titel juara kejuaraan paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Kendati begitu, torehan prestasi yang telah dicatatkan Van Hau ini sepertinya sedikit tercoreng dengan aksinya di atas lapangan, yang dianggap sangat kasar dan cenderung membahayakan pemain lawan.

Aksinya juga memancing emosi. Pemain Malaysia Azam Azmi sampai dikartu merah karena membalas provokasi Van Hau dengan kaki yang diarahkan ke wajah pemain Vietnam itu. Aksi teatrikalnya membuat Azam harus menjalani skorsing dua laga. 

Aksi teatrikal pula yang tampaknya menolong Van Dau terbebas dari kartu saat melanggar keras Dendy, tapi justru dia yang kemudian mengerang kesakitan.

Sempat mendapatkan julukan Doan Van Bale, merujuk pada gaya permainan dengan mantan bintang Real Madrid Gareth Bale, Van Hau sepertinya lebih pas memiliki julukan baru, Tukang Jagal dari Hanoi.

Nama: Doan Van Hau

Lahir: Hung Ha, Thai Binh, Vietnamm 19 April 1999 

Tinggi: 186 cm

Posisi: Bek kiri

Tim: Hanoi

Nomor kostum: 5

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement