Sabtu 08 Apr 2023 21:22 WIB

Pelatih Matangkan Permainan Timnas Basket 3x3 untuk SEA Games 2023

Saat ini, timnas 3x3 putra Indonesia menjalani pemusatan latihan di GBK Arena.

Pelatih tim basket 3x3 timnas Indonesia, Putra Fandi Andika Ramadhani (kiri).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih tim basket 3x3 timnas Indonesia, Putra Fandi Andika Ramadhani (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih kepala timnas basket 3x3 Fandi Andika Ramadhani menyebut dirinya masih mematangkan permainan dasar bola basket 3x3 kepada para pemain yang menjalani pemusatan latihan di GBK Arena Jakarta untuk SEA Games 2023 Kamboja. Pelatih yang akrab disapa Rama itu menyebutkan, para pemain yang dipanggil untuk seleksi timnas basket 3x3 masih memiliki kebiasaan dalam pola permainan basket 5 on 5.

"Yang sekarang saya persiapkan ini adalah mengubah mindset. Mereka ini kan semua pemain 5 on 5, jadi harus adjustment cepat ke cara main 3x3. Itu yang lagi diubah," kata Rama usai memimpin latihan timnas 3x3 di Jakarta, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga

Timnas basket 3x3 terakhir berkompetisi pada ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2023 di Singapura. Saat itu, skuad Indonesia kalah pada babak kualifikasi grup dengan mengemas dua kali menang dan satu kali kalah.

Evaluasi Rama dari laga tersebut, para pemain timnas 3x3 masih terlihat bermain dengan pola permainan 5 on 5. Selain itu, skuadnya hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk persiapan kejuaraan tersebut, yaitu hanya dengan menjalani lima kali latihan.

"Evaluasinya itu, tadi cara mereka main masih 5 on 5. Adjustment itu yang harus kita ubah, memang tak gampang, karena main 3x3 sama main basketnya, tapi berbeda cara mainnya. Itu yang harus diubah," kata Rama.

Sementara itu, manajer timnas basket 3x3 Wijaya Saputra optimistis para pemain bisa cepat beradaptasi dengan sisa waktu latihan sebelum SEA Games 2023 di Kamboja. Dirinya bersama Coach Rama akan memperbaiki beberapa kekurangan pada pemain dari hasil evaluasi kompetisi FIBA 3x3 Asia Cup, seperti akurasi tembakan dan pertahanan.

Saat ini, timnas 3x3 putra Indonesia menjalani pemusatan latihan di GBK Arena hingga 19 April 2023. Perbasi memanggil sembilan pemain untuk menjalani pemusatan latihan tahap pertama di Jakarta.

Selanjutnya pada tahap kedua, akan ada seleksi kembali dari para pemain timnas dari tahap pertama. Dari sembilan orang tersebut nantinya hanya akan dipilih empat pemain untuk masuk dalam skuad SEA Games, ditambah dua pemain sebagai cadangan dalam mengantisipasi apabila tim utama mengalami kendala. Pemusatan latihan tahap kedua akan dilakukan pada 26 April hingga 3 Mei 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement