Jumat 21 Apr 2023 04:04 WIB

Hari Ini Pengundian, Berikut Tim-Tim yang akan Tampil di Piala Dunia U-20 

Satu tim dari setiap pot akan diundi ke masing-masing dari enam grup.

FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Hari ini, Jumat (21/4/2023), akan digelar pengundian (drawing) Piala Dunia U-20 yang sudah dipastikan akan digelar di Argentina. Negara tersebut akan menggantikan Indonesia yang gagal menjadi tuan rumah turnamen sepak bola kelompok usia di bawah 20 tahun itu.

Tim-tim yang akan tampil mengikuti turnamen tersebut: 

Argentina, Brasil, Kolombia, Republik Dominika, Ekuador, Inggris, Fiji, Prancis, Guatemala, Honduras, Irak, Israel, Italia, Jepang, Republik Korea, Selandia Baru, Nigeria, Senegal, Slovakia, Gambia, Tunisia, Uruguay, AS, Uzbekistan.

Adapun pengundian akan berdasarkan pot. Pot 1 merupakan tim yang termasuk kategori unggulan. Sedangkan yang tak diunggulkan masuk ke kategori 2, 3, hingga yang terakhir 4.

Daftar pot Piala Dunia U-20:

Pot 1 - Argentina, Uruguay, AS, Prancis, Senegal, Italia

Pot 2 - Inggris, Republik Korea, Selandia Baru, Brasil, Ekuador, Kolombia

Pot 3 - Nigeria, Uzbekistan, Jepang, Irak, Honduras, Fiji

Pot 4 - Guatemala, Republik Dominika, Gambia, Israel, Slovakia, Tunisia

Dilansir situs resmi FIFA, Sam Johnson akan mempresentasikan pengundian yang akan dilakukan oleh Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza. Sedangkan Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia akan hadir, bersama dengan beberapa legenda FIFA.

Prosedur

Satu tim dari setiap pot akan diundi ke masing-masing dari enam grup. Prinsip umum FIFA adalah memastikan bahwa tidak ada grup yang memiliki lebih dari satu tim dari konfederasi yang sama. Ke-24 tim akan diundi ke dalam enam grup yang terdiri dari empat tim, dengan 16 di antaranya melaju ke fase sistem gugur.

Waktu Penyelenggaraan

20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement