Kamis 15 Jun 2023 18:53 WIB

Jojo Melaju ke Perempat Final Usai Lakoni Laga Alot Kontra Tunggal Putra Prancis

Jojo berpeluang menghadapi rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie alias Jojo.
Foto: Republika/Prayogi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie alias Jojo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan 'Jojo' Christie, sukses melaju ke perempat final Indonesia Open 2023. Sempat kehilangan gim pertama, Jojo menyudahi perlawanan tunggal putra asal Prancis, Toma Popov, 19-21, 21-11, 21-11, di babak 16 besar, Kamis (15/6/2023).

Mendapat tiga poin beruntun, Jojo menutup interval pertama dengan keunggulan empat poin, 11-7. Poin pertama di interval kedua menjadi milik Jojo. Keberhasilan meredam serangan Popov membawa Jojo menjaga keunggulan di awal interval kedua.

Baca Juga

Namun, Popov mampu berbalik unggul lantaran Jojo mulai kehilangan ritme permainan. Pun dengan sejumlah kesalahan sendiri yang dilakukan Jojo. Popov mampu melaju dengan keunggulan, 18-14.

Jojo berusaha bangkit dan menyamakan kedudukan, 19-19. Namun, setelah kehilangan poin lantaran shuttle cock pengembaliannya jatuh di luar lapangan, Jojo kembali gagal menambah poin usai shuttle cock hasil pukulannya tertahan di net. Gim pertama menjadi milik Popov dengan skor, 21-19.

Kehilangan kesempatan memetik kemenangan di gim pertama, Jojo langsung tampil agresif di awal gim kedua. Peringkat ketujuh dunia itu mampu menutup interval pertama gim kedua, 11-8.

Keberhasilan Jojo menjaga akurasi pukulan dan menerapkan variasi serangan membuat Popov kewalahan. Jojo merebut gim kedua dengan sellsih poin yang cukup jauh, 21-11.

Dengan menerapkan pola permainan serupa seperti di gim kedua, Jojo memulai gim ketiga dengan begitu baik. Unggulan keenam Indonesia Open 2023 itu terus memimpin hingga menutup interval pertama gim ketiga dengan keunggulan, 11-8.

Di sisi lain, Popov belum mampu sepenuhnya keluar dari tekanan peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut. Kondisi ini berhasil dimanfaatkan Jojo dengan maksimal dan menutup gim ketiga, 21-11, sekaligus memastikan langkah ke babak perempat final turnamen Super 1000 tersebut.

Jojo pun mengakui sempat terbawa permainan Popov, terutama pada interval kedua gim pertama. Alhasil, Jojo kehilangan gim kedua. Namun, di gim kedua dan ketiga, ia melakukan sejumlah perubahan dalam pola permainan.

'' Saya mencoba untuk tampil lebih sabar dan memanfaatkan lebar dan panjang lapangan. Dengan begitu, Toma lebih banyak berlari. Hal ini terbukti berhasil,'' kata Jojo kepada wartawan usai laga, Kamis (15/6/2023).

Di babak perempat final Indonesia Open 2023, Jojo berpeluang menghadapi rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting. Namun, duel dua andalan tunggal putra Indonesia itu akan tercipta apabila Ginting berhasil melewati adangan tunggal putra asal India, Priyanashu Rajawat, di babak 16 besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement