Rabu 05 Jul 2023 05:49 WIB

Fabio Quartararo: Situasi di Tim Yamaha Sulit, Namun Saya Harus Tenang

Situasi Quartararo punya kesamaan dengan Marc Marquez di tim Repsol Honda.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pembalap MotoGP asal Prancis Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha.
Foto:

Situasi Quartararo memiliki kesamaan yang jelas dengan situasi Marc Marquez di tim Repsol Honda. Marquez, pembalap asal Spanyol, itu baru-baru ini mengungkapkan pertemuannya dengan presiden HRC untuk menjelaskan kekhawatirannya. Apakah Quartararo meminta hal yang sama dari manajemen Yamaha di Jepang?

"Saya sudah melakukan pertemuan dengan presiden Yamaha, jadi semoga ini akan sedikit mempercepat prosesnya dan (dia) melihat bahwa kami sangat jauh dari merek-merek top," ungkap Quartararo.

Presiden Yamaha Motor, Yoshihiro Hidaka, menghadiri MotoGP Spanyol tahun ini di Jerez.

"Presiden ada di sana (di lintasan). Itu tidak direncanakan tetapi saya meminta (untuk bertemu) karena mentalitas saya adalah seorang petarung, saya ingin menang, saya tidak ingin berada di posisi ini, karena saya pikir tidak ada seorang pun di tim yang senang berjuang untuk itu," jelas Quartararo. "Jadi saya ingin memotivasi semua orang, mencoba mengubah energi buruk ini menjadi energi yang baik dan membuat langkah, terutama langkah teknis."

Quartararo adalah satu-satunya pembalap Yamaha yang memenangkan balapan MotoGP sejak mantan rekan setimnya, Maverick Vinales, meraih kemenangan pada balapan pembuka musim 2021 di Qatar.

Tahun 2024 adalah tahun terakhir kontrak Quartararo saat ini, setelah mengendarai M1 sejak bergabung dengan kelas utama, bersama Petronas SRT, pada 2019.

MotoGP sedang mempertimbangkan perubahan pada aturan konsesi sebagai tanggapan atas kesulitan yang dihadapi Honda dan Yamaha saat ini dalam bersaing dengan merek-merek Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement