Rabu 26 Jul 2023 08:25 WIB

Timnas Filipina Catatkan Sejarah di Piala Dunia Wanita 2023

Ini menjadi salah satu kemenangan terbesar dalam sejarah olahraga Filipina.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Trofi Piala Dunia Wanita. Tim debutan Filipina mencatatkan kemenangan bersejarah 1-0 di Piala Dunia Wanita 2023 atas tuan rumah Selandia Baru di penyisihan Grup A di Sky Stadium, Selasa (25/7/2023).
Foto: REUTERS/Mike Segar
Trofi Piala Dunia Wanita. Tim debutan Filipina mencatatkan kemenangan bersejarah 1-0 di Piala Dunia Wanita 2023 atas tuan rumah Selandia Baru di penyisihan Grup A di Sky Stadium, Selasa (25/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Tim debutan Filipina mencatatkan kemenangan bersejarah 1-0 di Piala Dunia Wanita 2023 atas tuan rumah Selandia Baru dalam penyisihan Grup A di Sky Stadium, Selasa (25/7/2023). Gol kemenangan tersebut lahir dari sundulan Sarina Bolden.

Pelatih Filipina Alen Stajcic mengatakan, kemenangan pertama tersebut harus menjadi salah satu kemenangan terbesar dalam sejarah olahraga Filipina. Menurutnya, itu adalah hasil yang cemerlang karena bisa mengalahkan tim tuan rumah.

Baca Juga

"Sangat emosional di lapangan, melihat hampir semua orang menangis. Sulit dipercaya. Ketika Anda mendengar cerita tentang tim lain yang membutuhkan waktu lama untuk memenangkan pertandingan Piala Dunia. Kami telah melakukannya di pertandingan kedua kami di Piala Dunia pertama kami,” ujar Stajcic dilansir dari BBC Sport, Rabu (26/7/2023).

Stajcic menyadari bahwa level Filipina yang merupakan tim asal Asia Tenggara, sangat jauh dengan tim-tim lain. Namun anak asuhnya telah bermain dengan penuh kerja keras dan kesatuan serta bermain dengan hati. Para pemain merayakan kemenangan tersebut dengan penuh semangat saat pemain pengganti dan staf berlari ke lapangan sambil memegang kepala karena tidak percaya dengan hasil tersebut.

Selandia Baru yang secara mengejutkan mengalahkan Norwegia di laga pembuka membutuhkan kemenangan atas Filipina untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Tetapi kenyataannya tim tuan rumah dibuat frustrasi oleh Filipina karena strategi umpan terobosannya selalu gagal.

Kiper Filipina Olivia McDaniel benar-benar tampil apik di bawah mistar. Di waktu tambahan, ia mengagalkan peluang emas pemain pengganti Grace Jale saat melakukan tendangan setengah voli lalu bola mengarah ke pojok bawah gawang. Ia juga menyelamatkan sejumlah peluang yang diciptakan oleh pemain lain.

"Itu sangat berarti bagi kami. Kami benar-benar menundukkan kepala dan kami tahu apa yang akan terjadi pada kami. Kami memiliki tujuan dalam pikiran dan kami mencapainya. Kami tidak bisa meminta yang lebih baik,” kata McDaniel.

McDaniel mengungkapkan, hasil bagus tersebut adalah buah kerja keras seluruh tim. Kendati demikian, lanjut dia, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan ke depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement