Kamis 31 Aug 2023 20:50 WIB

Bertindak Cerdas di Bursa Transfer, Klub Italia Ini Tampung Para Wonderkid Eropa

Dengan harga super murah, Frosinone Calcio punya kekuatan mumpuni.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Enzo Barrenechea saat memperkuat Juventus.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Enzo Barrenechea saat memperkuat Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, FROSINONE -- Klub kecil asal Italia, Frosinone Calcio melakukan gebrakan efektif di bursa transfer musim panas ini. I Canarini menampung para pemain muda dari tim-tim besar.

Para wonderkid tersebut memiliki kualitas mumpuni, tapi belum mampu menjadi starter di tim induknya. Frosinone memanfaatkan situasi tersebut.

Baca Juga

I Giallazzurri sudah merekrut trio Juventus dengan status pinjaman. Ada Enzo Barrenechea, Matias Soule, dan Kaio Jorge. Kemudian, Pol Lirola dari Marseille serta Walid Cheddira asal Napoli.

Hanya Lirola yang lumayan memasuki usia senior. Itu pun baru menyentuh angka 26. Selebihnya, Soule dkk, merupakan jugador belia. Belum berhenti sampai di situ.

"Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, Frosinone telah mencapai kesepakatan dengan Real Madrid untuk mengontrak Reinier Jesus selama setahun ke depan," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Kamis (31/8/2023).

Tim yang dilatih Eusebio Di Fransesco berencana meminjam Reinier tanpa ada opsi untuk membeli. Artinya setelah musim 2023/24 berakhir, gelandang serang 21 tahun itu kembali ke ibu kota Spanyol. Ini sebuah solusi terbaik baginya.

Madrid mendatangkan pemain asal Brasil ini sejak Januari 2020. Tim utama El Real tidak langsung memakai jasa yang bersangkutan. Pertama-tama ia dimainkan di tim cadangan.

Lalu pada Agustus 2020, Reinier dipinjamkan ke Borussia Dortmund. Rupanya eks Flamengo kurang berkembang di Dortmund. Pada Agustus 2022, ia "disekolahkan" lagi di Girona.

Sepanjang musim 2022/23, ia membela Blanquivermells di 18 pertandingan La Liga Spanyol. Selama periode tersebut, sang gelandang serang hanya bisa mencetak dua gol dan menyumbang satu assist.

Petualangan baru menantinya. Reinier berada di liga yang sama sekali berbeda dengan situasi di Brasil, Spanyol, dan Jerman. Itu bisa menambah pengalaman pria kelahiran Brasilia ini.

Secara keseluruhan, Frosinone bertindak cerdas. Setelah empat tahun berlalu, I Canarini akhirnya kembali ke Serie A. Kedatangan para wonderkid menjadi modal berharga bagi juara Serie B musim lalu itu untuk bersaing di level teratas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement